10 Tahun Menikah, Waspada 4 Masalah Rumah Tangga Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
10 Tahun Menikah, Waspada 4 Masalah Rumah Tangga Ini

Halodoc, Jakarta - Pernikahan adalah komitmen dua orang untuk sehidup-semati yang dilakukan dengan ikrar. Meski begitu, ketika pasangan tersebut sudah menjalani pernikahan bertahun-tahun, pasti akan ada saja rasa bosan yang melanda. Umumnya, hal ini terjadi ketika rumah tangga sudah memasuki usia 10 tahun.

Saat usia pernikahan sudah terlalu lama, terasa seperti masalah selalu datang silih berganti. Selain itu, dikarenakan rasa bosan yang telah menumpuk, kamu mungkin sudah malas menyelesaikan masalah yang ada sehingga menjadi bom waktu. Maka dari itu, kamu harus tahu masalah rumah tangga ketika usia pernikahan sudah lebih dari 10 tahun!

Baca juga: Awas, 5 Problematika Ini Bisa Merusak Pernikahan

Masalah Rumah Tangga setelah 10 Tahun Menikah

Saat pernikahan sudah mencapai usia tertentu, pertengkaran akan lebih rawan terjadi. Ketika usia pernikahan telah mencapai 10 tahun, salah satu pasangan mungkin akan melakukan perselingkuhan. Beban yang lebih besar juga terjadi pada wanita yang harus bekerja dan juga mengurus rumah tangga tanpa adanya bantuan dari pasangannya.

Setelah mencapai 10 tahun di usia pernikahan, fase bulan madu akan menjadi suatu kenangan masa lalu. Jika kamu membiarkan masalah-masalah ini bertumpuk dan tidak ada penyelesaian, hubungan kamu mungkin akan jadi taruhannya. Berikut adalah beberapa masalah rumah tangga yang dapat terjadi ketika pernikahan kamu telah menginjak 10 tahun:

  1. Lebih Merasa Jadi Teman Sekamar Dibanding Pasangan

Salah satu masalah rumah tangga yang dapat terjadi ketika usia pernikahan sudah mencapai 10 tahun adalah kamu lebih merasa pasanganmu hanya menjadi teman sekamar. Memang, untuk menjaga romansa untuk tetap hidup membutuhkan usaha. Jika keduanya tidak ada usaha untuk menjaga hubungannya, dampak buruknya akan terjadi hal seperti ini. Hal yang kamu harus lakukan adalah kencan malam yang teratur dan hal romantis lainnya.

Baca juga: Menyakitkan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Alasan Bercerai

  1. Bosan dengan Kehidupan Bersama

Hal lainnya yang terbilang umum terjadi sebagai masalah rumah tangga saat sudah berhubungan lama adalah bosan dengan kehidupan bersama. Setelah pernikahan, tidak mungkin setiap hari kamu berharap selalu bahagia dengan pasanganmu. Kebosanan terjadi ketika setiap saat kamu melakukan hal yang sama setiap hari. Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan sesuatu yang berbeda agar rasa bosan tersebut dapat hilang.

Masalah rumah tangga memang harus segera diatasi agar tidak berlarut-larut dan bertumpuk. Kamu dapat meminta bantuan psikolog dari Halodoc untuk menyelesaikan masalah tersebut. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Dengan begitu, masalah yang timbul dapat segera diatasi.

  1. Keinginan Seks yang Memudar

Kamu juga mungkin mengalami penurunan pada keinginan untuk seks setelah berumah tangga bertahun-tahun. Banyak hal yang memengaruhi hal tersebut, seperti masalah kesehatan fisik atau mental, efek samping dari obat-obatan, stres, masalah dengan hubungan, dan lainnya. Memang hal ini normal, tetapi jika kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya, masalah mungkin akan timbul.

Cara mengatasinya adalah berdiskusi dengan pasanganmu tentang masalah ini agar segera diatasi. Selain itu, kamu juga harus menjadi lebih mesra agar mendorong perasaan yang mungkin mulai memudar. Memang terkadang agak sedikit canggung awalnya, tetapi kamu dapat melakukannya secara perlahan dengan tujuan memperbaiki hubungan.

Baca juga: Ini Akibatnya Kalau Suami-Istri Terlalu Gengsi

  1. Merasa Pernikahan Menghalangi Tujuan Hidup Tertentu

Kamu mungkin saja merasakan pernikahan yang dilakukan menghalangi tujuan hidup tertentu yang ingin kamu capai. Masalah rumah tangga ini terbilang berbahaya karena prioritas kamu telah mengalami pergeseran. Memang pernikahan adalah momen ketika kamu harus berkorban dan berkompromi dengan pasangan. Maka dari itu, penting untuk terus berdiskusi dengan pasanganmu mengenai semua hal yang dirasakan.

Referensi:
The Huffington Post. Diakses pada 2019. The Most Common Marriage Problems That Arise After 10 Years Together