27 September 2018

17 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat

asam urat, makanan penyebab asam urat, penyebab asam urat

Halodoc, Jakarta – Penyebab kadar asam urat meningkat ketika ginjal tidak dapat menghilangkan asam urat secara efisien. Hal ini bisa menyebabkan perlambatan dalam penghapusan asam urat termasuk dari konsumsi makanan tertentu, mengalami kelebihan berat badan, mengidap diabetes, dan mengonsumsi terlalu banyak alkohol.

Beberapa gejala asam urat adalah nyeri di persendian yang umumnya bereaksi saat pagi hari dan malam sebelum tidur. Selain itu, kaki yang mengalami nyeri persendian berwarna kemerahan kemudian susah digerakkan, dan bahkan menjadi kaku.

Apabila kamu termasuk orang yang berisiko mengalami asam urat, ada baiknya kamu menghindari beberapa jenis makanan penyebab asam urat berikut ini.

1. Kerang

2. Ikan teri

3. Ikan sarden

4. Kalkun

5. Daging rusa

6. Hati

7. Ginjal sapi

8. Otak

9. Roti manis

10. Alkohol

11. jeroan

12. Kacang-kacangan

13. Bayam

14. Daun pepaya

15. Jagung

16. Seledri

17. Wortel

Pada intinya, makanan yang menyebabkan asam urat adalah makanan yang mengandung zat purin. Purin diolah tubuh menjadi asam urat yang berfungsi sebagai antioksidan, neuroprotektif, memberikan pertahanan terhadap tubuh melawan sel tumor, dan lain-lain. Walaupun memiliki manfaat yang signifikan, tetapi kelebihan asam urat sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga supaya asam urat tetap seimbang melalui pembatasan makanan tertentu.

Kalau tadi adalah daftar makanan penyebab asam urat, di bawah ini jenis-jenis makanan alami untuk asam urat yang justru disarankan buat kamu:

1. Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C dapat mengikat purin yang berlebih dan menetralisir kapasitas purin di dalam tubuh sehingga lebih normal dan seimbang. Vitamin C juga efektif untuk mencegah penumpukan sisa-sisa metabolisme yang biasanya menempel di persendian yang menjadi penyebab asam urat. Beberapa buah-buahan yang mengandung vitamin C dan disarankan untuk dikonsumsi adalah jambu biji, pepaya, jeruk, semangka, kiwi, dan tomat.

2. Sayur-sayuran Tinggi Serat

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi pengidap asam urat dan juga menjadi salah satu makanan alami untuk asam urat. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai sayuran biasa yang ditumis, dikukus, ataupun di jus dengan mencampurkannya bersama tomat dan perasan lemon. Sayuran yang mengandung serat sangat efektif untuk menetralisir penumpukan purin dan memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh. Sistem metabolisme yang lancar dapat mencegah timbulnya asam urat.

3. Kopi Hitam

Bukan kopi dengan gula ya, karena minuman manis juga bisa menjadi penyebab asam urat kambuh. Segelas kopi hitam setiap hari dapat menurunkan kadar asam urat. Kopi hitam terbukti dapat memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh dan baik untuk kesehatan fungsi jantung dan organ tubuh lainnya.

4. Air Putih

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan terapi air putih sangat bisa diaplikasikan untuk menurunkan kadar asam urat. Mengonsumsi air putih dapat meningkatkan pembuangan zat beracun di dalam tubuh termasuk purin yang berlebih. Minum air putih juga bisa membersihkan ginjal, meningkatkan fungsi hati, dan kinerja metabolisme tubuh.

Kalau kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai makanan yang menyebabkan asam urat serta makanan alami untuk asam urat, kamu bisa menanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: