2 Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
2-cara-mengetahui-masa-subur-wanita-halodoc

Halodoc, Jakarta – Mengetahui masa subur wanita sangat penting, apalagi bagi kamu yang sedang berencana ingin memiliki momongan. Ini karena, hubungan seksual yang dilakukan pada masa subur sangat memungkinkan untuk terjadinya pembuahan, sehingga peluang untuk terjadinya kehamilan pun lebih besar. Yuk, cari tahu cara mengetahui masa subur wanita di sini.

Kapan Tepatnya Masa Subur Wanita Berlangsung?

Untuk mengetahui kapan masa subur wanita dimulai, pertama-tama kamu perlu tahu kapan masa haid kamu dimulai. Haid atau menstruasi dimulai pada hari pertama ketika dinding rahim luruh dan keluar bersama darah dari vagina. Pada masa menstruasi, sel telur akan kembali berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa inilah yang disebut dengan ovulasi.

Nah, proses ovulasi tersebut terjadi sekitar 12–14 hari sebelum hari pertama menstruasi kamu berikutnya. Sebenarnya kapan ovulasi dimulai tergantung pada siklus menstruasi kamu. Bila kamu memiliki siklus menstruasi yang tergolong singkat, misalnya hanya 22 hari, maka ovulasi bisa terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasi berakhir. Jadi, waktu ovulasi tiap wanita bisa berbeda-beda. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui siklus menstruasi kamu agar bisa memperkirakan kapan waktu ovulasi kamu dimulai.

Lalu, kapan masa subur wanita berlangsung? Masa subur kamu dimulai di sekitar waktu ovulasi, yaitu kira-kira lima hari sebelum ovulasi terjadi. Biasanya, masa subur wanita terjadi sekitar 12–16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dengan kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 sampai hari ke-17 setelah hari pertama menstruasi terakhir. Namun, hal tersebut berlaku bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur 28 hari. Bagi kamu yang memiliki siklus menstruasi berbeda, kamu bisa mempelajari dan menghitung kapan masa subur kamu.

Baca juga: Pengantin Baru, Intip Tips Cepat Hamil Ini

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Untuk mengetahui masa subur wanita, kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan berhitung dan dengan mengenali tanda-tandanya.

1. Menghitung Masa Subur

Sel telur hanya dapat bertahan selama 24 jam setelah dikeluarkan. Jadi, bila ingin hamil, sel telur harus dibuahi dalam waktu 12–24 jam setelah ovulasi. Karena itulah, penting untuk mengetahui kapan wanita sedang berada pada kondisi paling subur. Masa subur bisa dihitung dengan mengandalkan catatan atau analisis siklus haid selama setidaknya 8 bulan terakhir.

Berikut ini rumus untuk menghitung masa subur:

  • Ketahui siklus menstruasi terpendek kamu. Misalnya, 27 hari. Kurangi angka tersebut dengan 18. Hasilnya adalah 9. Nah, angka ini adalah hari pertama masa subur kamu.

  • Ketahui siklus terpanjang kamu. Misalnya, 30 hari. Kurangi angka tersebut dengan 11. Hasilnya adalah 19. Nah, angka ini adalah hari terakhir masa subur kamu.

Jadi, bila siklus rata-rata kamu adalah 27-30 hari, maka masa subur kamu berlangsung pada hari ke-9 sampai 19.

Baca juga: Cara Mengetahui Tingkat Kesuburan Wanita

2. Kenali Tanda-Tandanya

Untuk memperkuat perkiraan masa subur, kamu juga bisa mengamati tanda-tanda masa subur wanita berikut ini:

  • Meningkatnya Suhu Basal Tubuh 

Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh saat kamu bangun di pagi hari. Normalnya, suhu basal tubuh adalah 35,5–36,6 derajat Celsius. Namun, suhu tersebut akan meningkat ketika kamu sedang dalam masa ovulasi.

  • Muncul Lendir Serviks

Pada masa subur, lendir serviks atau lendir yang ada di mulut rahim berwarna bening, licin, dan elastis, seperti putih telur mentah.

  • Nyeri Perut

Beberapa wanita mengalami gejala ini di sekitar masa ovulasi.

  • Merasa Bergairah

Ketika sedang dalam masa subur, kamu akan merasa dirimu menarik dan lebih bergairah untuk melakukan hubungan seksual. Kamu pun juga terlihat menarik di mata pasangan, karena tubuh secara alami akan mengeluarkan wangi yang berbeda dari biasanya.

Baca juga: Mengetahui Masa Subur Wanita Punya 3 Manfaat Ini

Nah, itulah cara mengetahui masa subur wanita. Bila kamu masih punya pertanyaan seputar masa subur wanita, kamu bisa bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Para dokter yang ahli dan profesional siap untuk membantumu dan memberikan saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD (Diakses pada 2019). How to Chart Your Menstrual Cycle
Medical News Today (Diakses pada 2019). When am I most fertile? How to calculate your ovulation cycle