3 Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Alkohol

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Alkohol

Halodoc, Jakarta - Pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan, apalagi sampai membuat kecanduan, tidaklah baik. Pun dalam hal kecanduan alkohol. Konsumsi alkohol dalam jumlah sedikit saja tidak disarankan, apalagi jika alkohol sampai dijadikan bagian dari gaya hidup? Lalu, adakah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan alkohol?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa kecanduan alkohol dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu penyalahgunaan dan ketergantungan. Penyalahgunaan alkohol biasanya ditandai dengan pola konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan dan memberi efek negatif bagi keseharian. Penyalahguna alkohol umumnya terus mengonsumsi alkohol tanpa mengenal situasi dan kondisi, tanpa memedulikan konsekuensinya. Misalnya tetap minum alkohol hingga mabuk sambil berkendara.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh saat Kecanduan

Seiring waktu, pecandu alkohol memerlukan jumlah alkohol yang lebih banyak untuk bisa mencapai efek yang diharapkan, hingga mencapai tahap ketergantungan. Lebih dari keluhan psikis, pengidap ketergantungan alkohol bahkan kerap mengalami keluhan secara fisik saat mereka tidak mengonsumsinya. Pengaruh negatif kecanduan alkohol juga dapat dirasakan oleh orang-orang di sekitar pecandu, terutama keluarga, misalnya karena tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh pecandu alkohol.

Mengatasi kecanduan alkohol bisa menjadi proses yang panjang dan membutuhkan niat yang kuat, juga didukung berbagai perawatan serta terapi. Langkah paling awal adalah melawan kecanduan alkohol serta menerima bahwa kebiasaan ini telah mendatangkan dampak negatif terhadap kehidupan.

Mengatasi Kecanduan Alkohol dengan Cara Mandiri

Bermodalkan niat dan keinginan kuat untuk bisa lepas dari alkohol, ada beberapa cara mandiri yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan alkohol, yaitu:

1. Hindari Orang, Situasi, atau Tempat yang Memicu Konsumsi Alkohol

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam mengatasi kecanduan alkohol adalah mewaspadai faktor lingkungan di sekitar yang bisa memicu diri untuk mengonsumsi minuman beralkohol lagi. Kamu bisa memulainya dengan memberitahu keluarga dan teman-teman bahwa kamu telah berhenti minum alkohol.

Baca juga: Kecanduan Media Sosial atau Alkohol, Mana yang Lebih Bahaya?

Minta dukungan dari mereka untuk selalu mengingatkan tujuan kamu. Selain itu, kamu mungkin juga perlu untuk menjauhkan diri sejenak dari teman-teman, situasi atau tempat, yang bisa membuat kamu mengonsumsi minuman beralkohol lagi.

2. Terapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang sehat dan teratur, rutin berolahraga, dan menerapkan pola tidur yang baik. Kebiasaan ini akan membantu mengatasi kecanduan alkohol yang dialami.

3. Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Hindari aktivitas yang melibatkan alkohol. Kamu bisa melakukan hobi atau kegiatan yang positif, misalnya bercocok tanam atau berkebun, memancing, membaca buku, dan hobi lainnya yang tidak melibatkan alkohol.

Selain itu, kamu bisa mendukung upaya tersebut dengan kegiatan seperti yoga, meditasi, dan akupuntur. Ketiganya bisa membuat kamu lebih rileks dan mengurangi tingkat kecemasan dan stres, atau depresi yang mungkin ditimbulkan karena berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

Baca juga: Inilah Pengaruh Alkohol Terhadap Kesehatan Jantung dan Liver

Itulah sedikit penjelasan tentang cara mengatasi kecanduan alkohol. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!