3 Fakta tentang Sakit Kepala yang Harus Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Fakta tentang Sakit Kepala yang Harus Diketahui

Halodoc, Jakarta - Sakit kepala adalah rasa nyeri pada sekitar kepala, yang sebagian besar terjadi dengan keparahan yang tidak serius dan biasa diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, minum air putih yang cukup, dan banyak istirahat. Namun, beberapa kasus sakit kepala memerlukan penanganan lebih karena dapat membahayakan nyawa. Berikut fakta-fakta tentang kepala yang sepertinya perlu diketahui.

1. Disebabkan oleh Berbagai Hal

Secara umum, sakit kepala dibedakan menjadi 3 jenis. Pertama, sakit kepala karena stres, salah posisi leher, hingga yang disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu. Secara khusus, sakit kepala juga dapat dipicu oleh beberapa hal berikut:

2. Makanan yang Dikonsumsi

Beberapa makanan perlu dihindari jika ingin menurunkan risiko sakit kepala. Misalnya keju, cokelat, alkohol, dan daging olahan. Selain itu, melewatkan makan juga bisa meningkatkan risiko sakit kepala.

Baca juga: Sakit Kepala Muncul Saat Orgasme, Apa Penyebabnya?

3. Suara Kencang

Perubahan cuaca juga bisa memicu sakit kepala bagi sebagian orang. Pengidap sakit kepala kronis juga berisiko kambuh sakitnya jika mendengar suara petir. Sebenarnya tidak hanya suara petir, suara kencang lain yang terus-menerus juga dapat memicu rasa sakit pada kepala, suara sound system pada pertunjukan musik misalnya.

4. Tidur yang Tidak Berkualitas

Tidur adalah momen terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri. Namun, jika tidur kurang berkualitas, tubuh tidak akan terasa segar, bahkan berpotensi menimbulkan sakit kepala. Tidur tidak berkualitas yang dimaksud bisa jadi kurang tidur, ataupun tidur berlebihan.

5. Sakit Kepala Setiap Hari Bukanlah Hal Normal

Meskipun sakit kepala adalah gejala yang cukup ringan, tetapi jika mengalaminya setiap hari tentu saja bukan lah hal yang normal. Jika merasakan sakit kepala setiap hari, setidaknya 15 hari berturut-turut atau lebih dalam sebulan, bisa dianggap itu adalah sakit kepala kronis. Kondisi ini bahkan dapat berlangsung berbulan-bulan, sedikitnya 3 bulan.

Baca juga: Jangan remehkan Sakit Kepala saat Hamil

Jenis sakit kepala harian ini bisa dalam bentuk apa saja, entah itu sakit kepala sebelah atau di seluruh bagian kepala. Selain itu, tingkat intensitasnya juga berbeda-beda setiap harinya, bisa saja hari ini kepala terasa sangat sakit dan keesokan harinya rasa sakitnya berkurang. Namun, rasa sakit kepala itu selalu ada, setiap hari.

Dalam satu hari, durasi sakit kepala yang dirasakan juga bermacam-macam. Bisa berlangsung dalam durasi yang cukup lama atau bahkan sebentar saja – kurang dari empat jam. Kondisi ini disebut dengan sakit kepala primer.

6. Sakit Kepala Kronis Dapat Disebabkan oleh Masalah pada Otak

Jenis sakit kepala primer yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Bahkan beberapa ahli menyatakan bahwa kondisi ini bisa saja terjadi tiba-tiba pada orang yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

Sementara itu, jika tidak mengalami gangguan sakit kepala primer, tetapi merasa sakit kepala setiap hari, gejala sakit yang dirasakan setiap hari tersebut bisa saja disebabkan oleh beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Perubahan tekanan atau volume pada cairan di tulang belakang. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang melakukan tindakan pengambilan cairan tulang belakang.

  • Meningitis, yaitu infeksi virus yang menyerang selaput otak dan tulang belakang, sehingga menyebabkan gejala sakit kepala setiap hari.

  • Cedera di bagian kepala. Sakit kepala setiap hari bisa saja terjadi jika memiliki riwayat cedera pada kepala.

  • Penggumpalan darah pada otak, termasuk stroke.

  • Tumor otak, salah satu gejalanya ditandai dengan sakit kepala.                                      

Baca juga: Yang Harus Ibu Tahu Saat Anak Mengeluh Sakit Kepala

Itulah sedikit penjelasan tentang sakit kepala. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!