3 Jenis Keseleo Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
3 Jenis Keseleo Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Halodoc, Jakarta - Keseleo pergelangan kaki terjadi ketika ligamen yang mendukung pergelangan kaki meregang melebihi batas dan terjadi sobekan. Keseleo pergelangan kaki adalah cedera umum yang terjadi pada siapapun. Mulai dari ringan hingga parah, tergantung pada seberapa banyak kerusakan yang terjadi pada ligamen.

Kebanyakan keseleo adalah cedera ringan yang sembuh dengan perawatan di rumah, seperti istirahat dan mengoleskan es. Namun, jika pergelangan kaki kamu sangat bengkak dan sakit untuk berjalan atau jika kamu mengalami kesulitan untuk menambah beban pada pergelangan kaki, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Tanpa perawatan dan rehabilitasi yang tepat, keseleo yang lebih parah dapat melemahkan pergelangan kaki dan membuatnya terluka lebih parah. Terkilir keseleo pergelangan kaki dapat menyebabkan masalah jangka panjang, termasuk nyeri pergelangan kaki kronis, radang sendi, dan ketidakstabilan yang berkelanjutan.

Baca Juga : Cara Mudah Atasi Kaki yang Keseleo

Jenis Keseleo Berdasarkan Tingkat Keparahan

Pergelangan kaki yang terkilir adalah cedera yang sangat umum. Pergelangan kaki yang terkilir dapat terjadi pada atlet ataupun non-atlet, anak-anak, serta orang dewasa. Hal tersebut bisa terjadi ketika kamu sedang berolahraga atau karena menginjak permukaan yang tidak rata.

Keseleo pergelangan kaki terjadi ketika kaki memutar atau keluar dari batas gerakan normal. Terkilir juga dapat terjadi jika kaki mendarat tidak pada permukaan yang rata. Hal ini menyebabkan ligamen meregang di luar batas normalnya dalam posisi abnormal.

Ligamen adalah struktur yang elastis. Ligamen biasanya meregang dalam batas-batasnya, dan kemudian kembali ke posisi normalnya. Ketika ligamen dipaksa untuk meregang di luar batas normal, terjadilah keseleo. Keseleo yang parah menyebabkan robekan serat elastis yang sebenarnya.

Terdapat tiga jenis keseleo pada pergelangan kaki yang ditentukan oleh tingkat keparahannya, yaitu:

  1. Tingkat 1

Tingkatan ini terbilang jenis yang ringan. Peregangan atau sedikit merobek ligamen dengan kelembutan ringan, pembengkakan, dan kekakuan. Pergelangan kaki terasa stabil dan biasanya memungkinkan untuk berjalan dengan sedikit rasa sakit.

  1. Tingkat 2

Keseleo yang lebih parah dari sebelumnya termasuk dalam tingkat ini, tetapi sobekan dapat terjadi dengan gejala, seperti nyeri sedang, bengkak, dan memar. Meski terasa agak stabil, area yang rusak terasa lunak saat disentuh dan terasa sakit ketika berjalan.

  1. Tingkat 3

Pada jenis ini, terjadi robekan total pada ligamen yang terkena dan disertai dengan pembengkakan dan memar yang parah. Pergelangan kaki tidak stabil dan berjalan mungkin tidak memungkinkan, karena pergelangan kaki keluar dari tempatnya dan timbul rasa sakit yang hebat.

Baca Juga : Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Keseleo

Penanganan pada Tiap Jenis Keseleo yang Terjadi

Seorang dokter dapat mendiagnosis pergelangan kaki yang terkilir. Sinar-X kadang-kadang dibutuhkan untuk menyingkirkan tulang yang patah di bagian kaki yang mengalaminya. Tulang yang patah bisa memiliki gejala nyeri dan pembengkakan yang serupa.

Jika tidak ada tulang yang patah, dokter akan dapat memberitahumu tingkat keseleo pergelangan kaki berdasarkan pada jumlah pembengkakan, rasa sakit, dan memar. Tergantung pada tingkat cedera, langkah-langkah penanganan yang dapat disarankan, antara lain:

  1. Tingkat 1

Melakukan R.I.C.E. (istirahat, es, kompresi, dan ketinggian). Es harus diterapkan segera untuk mengatasi pembengkakan selama 20-30 menit hingga empat kali sehari. Pergelangan kaki harus ditinggikan di atas dada selama 48 jam. Istirahatkan pergelangan kaki kamu dan cobalah untuk tidak berjalan di atasnya. Gunakan balutan kompresi untuk mendukung pergelangan kaki.

  1. Tingkat 2

Memanfaatkan pengobatan R.I.C.E. dan memungkinkan lebih banyak waktu untuk penyembuhan terjadi. Perangkat imobilisasi atau alat bantu juga disarankan untuk digunakan saat beraktivitas.

  1. Tingkat 3

Ketidakstabilan permanen dapat terjadi pada keseleo tingkat tiga. Gips atau penyangga mungkin diperlukan untuk beberapa minggu. Obat anti-inflamasi seperti ibuprofen dapat digunakan untuk mengontrol rasa sakit dan peradangan yang terjadi karena keseleo. Pembedahan dapat dipertimbangkan pada seseorang yang lebih muda dan aktif secara atletik.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Patah dan Keseleo Pergelangan Kaki

Itulah beberapa jenis keseleo yang dapat terjadi pada kamu. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!