25 November 2018

3 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Hernia

3 kebiasaan ini bisa menyebabkan hernia

Halodoc, Jakarta – Menjaga gaya hidup dan pola makan bisa menghindari kamu dari penyakit hernia. Penyakit hernia adalah kondisi yang terjadi ketika sebagian organ atau jaringan pada tubuh kamu menonjol ke tempat yang tidak biasa. Hernia juga memiliki beberapa jenis yang berbeda, yaitu sebagai berikut.

1. Hernia Inguinal

Benjolan yang ditimbulkan dari penyakit hernia biasanya muncul di daerah selangkangan dalam.

2. Hernia Insisional

Benjolan ini muncul akibat adanya sayatan pada bagian tubuh tertentu.

3. Hernia Femoralis

Benjolan muncul pada bagian selangkangan luar. Benjolan ini dapat terjadi karena proses operasi.

4. Hernia Umbilikalis

Biasanya berbentuk benjolan lunak yang muncul pada bagian pusar.

5. Hernia Hiatal

Pada kondisi ini, benjolan muncul pada bagian perut atas hingga ke bagian bukaan diafragma. Asam lambung mudah naik jika terkena hernia hiatal.

Penyakit hernia dapat dialami oleh pria maupun wanita. Meskipun mengalami penyakit yang sama, hernia pada wanita dan pria punya ciri khas dan penanganan yang berbeda. Biasanya, hernia inguinal terjadi pada pria dan hernia femoralis atau hernia umbilikalis biasa terjadi pada wanita, terutama saat memasuki masa kehamilan.

Namun tidak perlu khawatir, hernia adalah salah satu penyakit yang umum dialami oleh orang dewasa. Kamu bisa mencegah terjadinya hernia dengan mengurangi faktor yang dapat meningkatkan hernia. Kamu bisa menghindari beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan hernia, di antaranya:

1. Kurangnya Mengatur Pola Makan

Sebaiknya atur pola makan kamu dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi. Makanan yang kurang sehat dan terlalu banyak mengandung lemak bisa meningkatkan potensi terkena penyakit hernia. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat agar kamu terhindar dari masalah pencernaan.

Hal ini dapat mengurangi risiko kamu mengalami penyakit hernia. Selain itu, atur kecukupan gizi kamu agar kesehatan tetap terjaga. Mengatur pola makan bisa mencegah kamu dari kelebihan berat badan yang dapat meningkatkan risiko penyakit hernia. Kelebihan berat badan membuat perut semakin besar dan tekanan pada dinding perut juga ikut membesar. Tekanan pada lemak perut dan organ ini yang dapat menyebabkan penyakit hernia.

2. Sering Mengangkat Beban Terlalu Berat

Jika kamu terbiasa dengan kegiatan mengangkat beban yang cukup berat, perhatikan atau cek kondisi kesehatan dengan baik. Kegiatan ini berisiko meningkatkan penyakit hernia. Ketika kamu mengangkat beban, pada bagian perut juga terdapat tekanan yang kuat. Hal ini yang memicu jaringan atau organ keluar ke daerah yang tidak semestinya. Sebaiknya, perhatikan cara mengangkat beban yang benar agar mengurangi risiko terkena penyakit hernia.

3. Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, dari masalah kesehatan paru-paru hingga penyakit hernia. Mengonsumsi rokok artinya kamu mengonsumsi zat-zat yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh salah satunya nikotin. Saat kamu rutin mengonsumsi rokok, maka bisa mengalami penyakit batuk kronis yang memiliki komplikasi kesehatan pada penyakit hernia. Pada saat kamu mengalami batuk kronis, terdapat tekanan pada perut dan otot diafragma. Tekanan ini yang menyebabkan seorang perokok mengalami penyakit hernia.

Sebaiknya hindari kebiasaan yang dapat menyebabkan hernia. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat agar kamu bisa terhindar dari masalah gangguan pencernaan yang menyebabkan hernia. Kamu bisa bertanya pada dokter mengenai pencegahan dan gejala penyakit hernia melalui Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: