12 July 2018

3 Penyakit Kulit yang Bisa Menyerang Alat Kelamin

penyakit kulit kelamin, menjaga kebersihan kulit kelamin, penyakit kulit,penyakit kelamin

Halodoc, Jakarta – Jenis penyakit kulit nyatanya beragam. Mulai dari yang ringan, hingga yang paling parah bisa mengancam nyawa kamu. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit kulit, mulai dari faktor lingkungan hingga faktor genetik.

Baca juga: Waspadai 5 Penyakit Kelamin yang Sering Menyerang Wanita Ini!

Jika kamu pernah memiliki riwayat penyakit kulit, sebaiknya jaga kebersihan kulit kamu agar kamu tidak terinfeksi penyakit kulit lainnya. Khususnya di bagian organ intim kamu, karena ternyata ada beberapa penyakit kulit yang bisa menyerang alat kelamin.

  • Lichen Sclerosus

Lichen sclerosus adalah suatu penyakit kulit yang cukup umum dijumpai, khususnya pada wanita. Penyakit ini biasanya memengaruhi kulit di bagian alat kelamin dan anus. Pada wanita yang terkena penyakit lichen sclerosus, biasanya akan memiliki bercak putih pada bagian vulva atau bibir vagina. Meskipun banyak terjadi pada wanita, tidak menutup kemungkinan para pria juga bisa mendapatkan penyakit ini.

Ketika wanita mengalami penyakit lichen sclerosus, biasanya terdapat bagian putih pada vulva atau bibir vagina yang akan menyebabkan rasa gatal bahkan nyeri. Bagian yang berwarna putih akan terasa sangat halus jika disentuh dan kulit akan menjadi lebih tipis dibandingkan dengan bagian yang lainnya. Sebaiknya jika terasa gatal, jangan digosok terlalu kasar karena akan menyebabkan luka, memar, dan yang paling parah adalah perdarahan. Penyakit ini tidak menular dan disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif dan masalah faktor genetik.

  • Eksim

Eksim adalah kelainan kulit dengan ciri peradangan, bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Meskipun penyakit eksim ini tidak menular, tapi penyakit ini memberikan rasa tidak nyaman pada penderitanya, terutama jika kamu terkena eksim pada sekitar alat kelaminmu. Penggunaan sabun atau pembersih alat kelamin nyatanya bisa menimbulkan eksim pada alat kelamin jika kulit kamu tidak cocok dengan bahan-bahan pembersih yang kamu gunakan.

Kelembapan sekitar alat kelamin sebaiknya dijaga agar tidak membuat perkembangan bakteri dari penyakit ini terus berkembang. Biasanya, gejala awal eksim pada sekitar alat kelamin adalah timbulnya ruam dan rasa gatal disekitar alat kelamin. Untuk mencegah atau menghindari, sebaiknya jaga kebersihan sekitar alat kelamin.

  • Herpes

Salah satu penyakit kulit yang dapat menjangkiti alat kelamin adalah herpes. Biasanya, jika penyakit herpes menyerang alat kelamin, lebih dikenal dengan nama herpes genital. Herpes genital adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks yang bisa terjadi pada wanita maupun pria akibat hubungan seksual. Ya, herpes genital ini termasuk salah satu penyakit kulit yang dapat menular melalui terjadinya hubungan seksual.

Biasanya, herpes genital dapat dikenali dengan beberapa gejala yang muncul, seperti luka melepuh seperti kemerahan, terasa sakit di sekitar area kelamin, nyeri pada saat buang air kecil, serta benjolan merah atau putih. Bahayanya, benjolan ini bisa menjadi luka terbuka jika tidak dirawat dengan baik.

Baca juga: 5 Tanda yang Jangan Diabaikan saat Kena Penyakit Kelamin

Tidak ada salahnya mengetahui informasi lebih banyak mengenai penyakit kulit atau penyakit kelamin. Menjaga kebersihan tubuh dan sekitar kelamin juga merupakan salah satu cara yang kamu gunakan untuk menghindari penyakit kulit. Jika kamu memiliki keluhan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!