21 October 2018

4 Cara Mengatasi Nyeri pada Memar

4 Cara Mengatasi Nyeri pada Memar

Halodoc, Jakarta - Luka memar terbentuk ketika jaringan tubuh di bawah lapisan terluar kulit mengalami cedera tanpa disertai sayatan. Meskipun pembuluh darah pecah, kondisi ini tidak bisa mengeluarkan darah keluar dari kulit seperti pada luka sayat, tetapi hanya akan menimbulkan luka memar.

Luka memar bisa menganggu kenyamanan. Beragam cara akan dilakukan untuk menghilangkannya. Kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana untuk membantu meredakan nyeri sekaligus mempercepat penyembuhan luka memar. Berikut ini cara mengatasi nyeri pada memar yang bisa dicoba:

1. Kompres Es

Salah satu cara mengatasi nyeri pada bagian tubuh yang memar adalah dengan cara mengompresnya dengan es. Jika salah satu bagian tubuh kamu memar, segera kompres dengan es. Jika kamu mengompres pembuluh darah di sekitar daerah memar, darah yang keluar ke jaringan sekitar akan sedikit.

Cukup gunakan kain yang sudah direndam dalam air dingin dan tempelkan pada daerah memar selama kurang lebih 10 menit. Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah gunakan kantong berisi sayuran beku atau es batu lalu bungkus dalam handuk. Tempelkan pada bagian memar selama 10 menit sebelum melepaskannya. Setelah itu, kompres lagi kira-kira 20 menit kemudian.

2. Kompres Hangat

Salah satu cara mengatasi nyeri pada bagian tubuh yang memar adalah dengan cara mengompresnya dengan air hangat. Setelah mengobati memar dengan kompres es, hari berikutnya kamu perlu mengompres hangat untuk melancarkan sirkulasi darah pada area memar dan membantu membersihkan darah yang membeku. Tempelkan kantong pemanas (electric heating pad) selama 20 menit.

Ulangi beberapa kali dalam sehari. Pastikan untuk mengikuti instruksi dari heating pad. Jangan khawatir kalau kamu tidak punya kantong pemanas listrik, kamu bisa pakai botol yang diisi air panas untuk mengobati memar tersebut. Kompres air hangat tentunya membuat kamu menjadi sangat nyaman karena dapat mengurangi bengkak, meredakan nyeri, dan mempercepat regenerasi sel.

3. Pakai Daun Peterseli (Parsley)

Salah satu cara mengatasi nyeri pada bagian tubuh yang memar adalah dengan cara memakai daun peterseli atau daun parsley. Selain arnica, daun peterseli juga baik untuk mengobati memar. Oleskan daun peterseli yang sudah ditumbuk halus di sekitar area memar. Kemudian bungkus area memar ini dengan perban atau kain yang lembut. Tidak hanya itu, daun parsley juga mampu mengurangi peradangan, nyeri, dan membuat memar hilang lebih cepat.

4. Oleskan Salep Arnica

Salah satu cara mengatasi nyeri pada bagian tubuh yang memar adalah dengan cara mengoleskan salep arnica. Ini merupakan tanaman herbal yang direkomendasikan untuk mengurangi lebam. Arnica mengandung zat alami yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan. Oles salep atau gel arnica pada area yang lebam setiap hari. Tetapi, pilih salep atau gel yang sudah mendapat izin edar dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) serta telah mengantongi sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia). Pasalnya, saat ini banyak beredar obat herbal yang berbahaya jika kamu tidak hati-hati memilih.

Itulah beberapa cara mengatasi nyeri dengan mudah. Bagi kamu yang ingin membeli salep atau obat lain untuk mengatasi nyeri bisa membelinya di aplikasi Halodoc melalui layanan Pharmacy Delivery. Kamu juga bisa mengecek obat lainnya di aplikasi Halodoc. Dalam aplikasi ini bisa mengantarkan obat atau vitamin ke alamat tujuan tidak lebih dari satu jam. Untuk menggunakan aplikasi Halodoc kamu bisa download aplikasinya di App Store atau Google Play.

Baca Juga: