26 September 2018

4 Cara Menggunakan Sleeping Mask yang Tepat

sleeping mask

Halodoc, Jakarta – Bagaimana cara kamu merawat kulitmu di malam hari? Kebanyakan wanita mengira hanya mencuci muka dan menggunakan krim malam saja sudah cukup untuk perawatan kulit di malam hari. Namun nyatanya, menggunakan sleeping mask juga tidak kalah penting lho untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajahmu. Masker wajah yang bisa dipakai tidur semalaman ini bermanfaat untuk menutrisi, menghidrasi, serta memperbaiki sel-sel kulit mati pada wajah. Setelah menggunakan sleeping mask semalaman, hasilnya, kamu bisa bangun dengan kulit wajah yang lebih kenyal dan segar. Bahkan sekarang ini, varian sleeping mask sudah semakin beragam dan ada yang dilengkapi dengan formula untuk mencerahkan, melembabkan, atau menenangkan. Begitu banyak manfaat sleeping mask yang bisa kamu rasakan.

Cara Menggunakan Sleeping Mask

Namun, karena umumnya sleeping mask berbentuk gel maka masih banyak orang yang belum tahu atau bingung cara menggunakannya. Enggak usah bingung, ikuti cara menggunakan sleeping mask yang tepat berikut:

1. Cuci Muka dan Keringkan

Sebelum mengaplikasikan sleeping mask, kamu perlu memastikan dulu kalau wajahmu sudah benar-benar bersih dari kuman, bakteri, dan bekas makeup. Jadi, cucilah muka dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu, lalu keringkan dengan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

2. Aplikasikan Sleeping Mask Pada Wajah Secara Merata

Sesaat sebelum tidur, kamu bisa mengoleskan sleeping mask pada kulit wajah kamu yang sudah bersih. Aplikasikan gel masker secara merata di seluruh area wajah kamu, tetapi hindari bagian mata dan bibir ya, karena bisa menimbulkan iritasi.

3. Pijat Secara Perlahan

Bila sleeping mask sudah diaplikasikan secara merata pada wajah, kamu juga bisa memijat kulit wajah dengan lembut dan secara perlahan. Tujuannya agar manfaat sleeping mask bisa semakin terserap ke dalam kulitmu. Enggak usah lama-lama, memijat wajah cukup dilakukan selama 2–3 menit saja.

4. Usahakan Tidur dengan Tenang dalam Posisi Telentang

Setelah memijat wajah, kamu boleh langsung tidur. Agar masker tidak menempel di seprai, sarung bantal, atau guling, usahakanlah untuk tidur dengan tenang dalam posisi telentang. Kamu juga sebaiknya tidur yang cukup, minimal selama 7–8 jam, agar kandungan sleeping mask bisa menyerap dan bekerja secara optimal dalam kulit wajahmu.

Selesai deh. Di pagi hari, kamu hanya perlu membasuh wajah lagi untuk merasakan hasilnya. Namun, kamu disarankan untuk tidak memakai sleeping mask ini setiap hari. Sebab, kamu tidak bisa mendapatkan manfaat sleeping mask secara maksimal bila menggunakannya setiap hari. Jadi, aplikasikanlah sleeping mask cukup 1–2 kali dalam seminggu.

Siapa Saja yang Perlu Menggunakan Sleeping Mask?

Sleeping mask paling cocok untuk orang dewasa yang mulai mengalami proses penuaan. Hal ini karena seiring bertambahnya usia maka kadar kelembaban kulit cenderung semakin menurun. Nah, menggunakan sleeping mask bisa membantu menjaga kulit tetap lembab dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Buat kamu yang selalu berada di dalam ruangan ber-AC pun juga perlu menggunakan sleeping mask. Pasalnya, udara dari AC bisa membuat kulit wajahmu cepat kering.

Jadi, jangan malas menggunakan sleeping mask ya, karena produk skincare ini memiliki segudang manfaat untuk wajahmu. Bila kamu punya masalah seputar kecantikan kulit wajah, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kulit melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: