Ketahui 4 Cara Sederhana Cegah Batu Ginjal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 4 Cara Sederhana Cegah Batu Ginjal

Halodoc, Jakarta - Batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang menyebabkan pengidapnya merasa nyeri saat buang air kecil karena terdapat endapan batu kecil yang ikut mengalir bersama urine. Penyakit batu ginjal atau biasa disebut kencing batu berukuran kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci. Gejala dari batu ginjal biasanya datang dan pergi. Rasa nyeri terasa dari bagian belakang tubuh hingga ke bagian bawah perut (abdomen). Bahkan, pengidapnya mengalami gejala lebih parah seperti ditemukannya darah pada urine.

Tidak terbayang betapa sakitnya jika penyakit ginjal ini menyerang tubuh. Pasalnya, saluran kemih kita ukurannya kecil, dan jika ada batu yang tersangkut di sana, maka ia akan melukai dinding saluran tersebut sehingga rasa nyeri tak bisa tertahankan lagi. Meski penyakit ini lebih sering menyerang orang dengan usia di atas 40 tahun, tapi sebaiknya lakukan pencegahan batu ginjal sejak dini.

Berikut cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah batu ginjal:

Baca Juga: 5 Penyebab Batu Ginjal yang Harus Dihindari

  • Minum Banyak Air. Cara sederhana mencegah batu ginjal adalah dengan minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika kamu memiliki aktivitas yang padat dan sering berkeringat maka cairan tubuh harus segera diganti dengan cara minum air. Namun, batasi minuman yang mengandung kalori, pemanis atau soda karena kebiasaan konsumsi 1 gelas minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan risiko sakit batu ginjal sebanyak 23 persen. Jika bosan minum air putih, kamu dapat menambahkan perasan jeruk atau lemon ke dalam minumanmu. Kandungan sitrat yang tinggi dapat membantu mencegah batu ginjal terbentuk.

  • Batasi Asupan Oksalat. Buat kamu yang belum familiar dengan oksalat, zat ini disinyalir berkaitan dengan kalsium yang membentuk batu ginjal. Beberapa jenis makanan yang harus kamu perhatikan terkait kadar oksalatnya antara lain bayam, buah bit, kiwi, almond, kacang mede, kedelai, bekatul dari gandum, kokoa, cokelat, teh, atau makanan dengan kandungan vitamin C. Bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali makan makanan di atas. Hanya saja, kamu harus lebih perhatikan porsi dan seberapa sering memakannya.

Baca Juga: Ini Bedanya Batu Empedu dan Batu Ginjal

  • Menjaga Berat Badan. Berat badan yang berlebihan berkaitan dengan perkembangan penyakit batu ginjal. Obesitas menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium dalam urine, akibatnya risiko terkena penyakit ini menjadi semakin besar. Selain itu. tingkat keasaman urine pada orang dengan berat badan berlebih juga lebih tinggi sehingga meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

  • Membatasi Asupan Protein Hewani. Saat dicerna, sumber protein hewani diubah menjadi asam urat di dalam urin. Asam urat ini menjadi bahan pembentuk batu ginjal. Oleh karena itu, kebanyakan konsumsi protein hewani menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Batasi asupan protein setiap hari untuk mencegah penyakit ginjal.

Baca Juga:  6 Jenis Olahraga untuk Pengidap Sakit Ginjal

Selain mengikuti cara sederhana di atas, kamu juga disarankan untuk tetap melakukan olahraga ringan agar batu ginjal hancur sebelum menimbulkan masalah. Nah, untuk informasi lain seputar batu ginjal atau penyakit ginjal lain, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!