4 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Munculnya Kepribadian Ganda

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Munculnya Kepribadian Ganda

Halodoc, Jakarta - Kepribadian ganda atau gangguan identitas disosiatif adalah sebuah kondisi yang menyebabkan seseorang memiliki lebih dari satu kepribadian. Gangguan tersebut dapat mengambil kendali secara bergantian.

Kepribadian ganda dapat ditandai dengan gangguan dalam kesadaran diri, memori, dan persepsi yang saling berhubungan. Telah banyak penelitian dilakukan, tetapi gangguan ini masih sulit untuk didiagnosis.

Sampai saat ini, penyebab kepribadian ganda belum diketahui secara pasti. Gangguan yang memengaruhi kesadaran diri ini dapat menimbulkan kebingungan. Pasalnya, pengidap kondisi ini akan kesulitan percaya apabila hal tersebut nyata.

Apakah Kepribadian Ganda Nyata?

Kebanyakan orang masih sulit mempercayai apabila gangguan terhadap kepribadian seseorang tersebut nyata. Faktanya memang untuk memahami tentang pengembangan kepribadian ganda adalah hal yang sulit. Bahkan, para ahli pun mengalami kesulitan untuk memahaminya.

Beberapa ahli medis beranggapan hal ini dapat timbul karena masalah kejiwaan lainnya, seperti gangguan kepribadian ambang. Selain itu, kondisi ini disebut juga berhubungan dengan perasaan stres yang terjadi.

Baca juga: Mitos dan Fakta Kepribadian Ganda

Gejala Apa Saja yang Timbul dari Kepribadian Ganda?

Gangguan identitas disosiatif ini dapat menimbulkan gejala dengan timbulnya lebih dari satu kepribadian yang berbeda. Hal tersebut membuat orang yang sama berubah menjadi sosok yang berbeda. Gangguan ini juga menyebabkan timbul ingatan yang berbeda pada tiap kepribadian.

Kepribadian lainnya memiliki identitas tersendiri, seperti usia, jenis kelamin, ras, gerakan, dan cara bicara yang berbeda. Setiap kepribadian lainnya memperlihatkan dirinya, hal tersebut disebut dengan peralihan. Peralihan kepribadian tersebut dapat terjadi selama beberapa menit hingga hitungan hari.

Faktor Pemicu Munculnya Kepribadian Ganda

Banyak hal yang dapat dipelajari dari gangguan kepribadian ganda tersebut, termasuk hal yang dapat memicunya. Diketahui bahwa beberapa hal dapat menjadi pemicu gangguan tersebut. Di antaranya adalah:

  1. Stres

Seseorang yang mengalami stres rentan mengalami gangguan yang menyebabkan peralihan kepribadian dapat terjadi. Hal tersebut mungkin terjadi untuk membantu, memecahkan masalah, atau memberikan kesempatan beristirahat untuk kepribadian utama.

  1. Ingatan

Pada kebanyakan orang, ingatan akan sesuatu dapat membangkitkan perasaan yang kuat terhadap sesuatu. Namun, pada pengidap kepribadian ganda, hal tersebut dapat memicu peralihan identitas.

  1. Perasaan Emosi yang Kuat

Emosi yang dapat timbul secara tiba-tiba dapat menyebabkan perubahan untuk mengambil posisi kepribadian utama. Hal tersebut dapat terjadi ketika emosi tersebut positif atau negatif.

  1. Input Sensorik

Hal-hal tertentu, seperti pemandangan, suara, bau, dan tekstur dapat menyebabkan peralihan kepribadian pada seseorang.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hampir semua hal dapat menyebabkan kepribadian lainnya muncul. Seseorang dengan gangguan ini mempunyai tantangan tersendiri. Hal ini mungkin disebabkan oleh penganiayaan ketika masih anak-anak.

Baca juga: 5 Pemahaman Keliru Penyakit Skizofrenia yang Dipercaya Orang Awam

Cara Mendiagnosis Kepribadian Ganda

Jika gejala dari gangguan tersebut muncul, sebuah evaluasi akan dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan riwayat medis. Walaupun belum ada tes laboratorium terhadap gangguan tersebut, beberapa tes diagnostik dapat dilakukan.

Jika tidak ada penyakit fisik yang ditemukan, pengidapnya dapat dirujuk ke ahli kesehatan mental, seperti psikiater atau psikolog. Hal tersebut untuk memastikan dan mengobati gangguan tersebut. Ahli tersebut akan melakukan tes khusus atau wawancara standar.

Baca juga: 5 Tanda Gangguan Kepribadian, Hati-Hati Terkena Salah Satunya

Jika kamu mengalami masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya. Kamu bisa melakukan diskusi dengan dokter melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantar dalam waktu kurang dari satu jam. Mudah kan? Yuk, segera download aplikasinya di smartphone kamu!