22 November 2018

4 Kebiasaan yang Dapat Menjadi Faktor Penyebab Vertigo

4 Kebiasaan yang Dapat Menjadi Faktor Penyebab Vertigo

Halodoc, Jakarta - Vertigo merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami pusing hebat, dan merasa seolah lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang. Pada beberapa kasus, kondisi ini juga akan membuat pengidapnya kehilangan keseimbangan. Perlu diketahui bahwa vertigo sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Melainkan kumpulan gejala yang bisa terjadi secara tiba-tiba atau berlangsung selama jangka waktu tertentu dalam satu waktu.

Seperti disebutkan di awal, gejala umum dari vertigo adalah pusing, sensasi kepala berputar, dan kehilangan keseimbangan. Tanda-tanda tersebut kemudian dapat memicu pengidapnya mengalami mual, muntah, mengeluarkan keringat berlebih, sakit kepala, nistagmus (gerakan mata yang tidak normal), telinga berdengung (tinnitus), dan sensasi merasa akan terjatuh. Gejala ini biasanya akan hilang timbul, tetapi bisa juga berlangsung selama beberapa menit, jam, bahkan hari.

Apa yang Menyebabkannya?

Penyebab vertigo sebenarnya bergantung pada jenis vertigo yang dialami. Namun, beberapa kebiasaan berikut dapat menjadi faktor pemicu terjadinya vertigo pada seseorang.

1. Merokok

Terlepas dari vertigo, merokok merupakan suatu hal yang dapat membawa dampak buruk bagi tubuh dan memicu berbagai penyakit serius. Salah satu penyakit yang juga bisa datang akibat memiliki kebiasaan ini adalah vertigo. Hal ini terjadi karena, ketika seseorang mulai kecanduan rokok, tekanan darah akan terganggu. Ketika candu tersebut tidak terealisasikan, ia akan mengalami berbagai keluhan. Salah satunya adalah kepala yang terasa sangat pusing, yang kemudian diasumsikan sebagai vertigo.

2. Mengonsumsi Alkohol

Seperti halnya merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga tidak baik bagi tubuh. Terlebih jika membuat peminumnya kecanduan. Pecandu alkohol biasanya akan memiliki hasrat kuat untuk selalu mengonsumsinya. Itu lah mengapa jika ia sedang ingin minum, tetapi tidak bisa, ia akan mengalami reaksi tekanan darah. Imbasnya, ia pun akan merasa pusing luar biasa, yang mirip dengan gejala yang dialami pengidap vertigo.

3. Sering Berada di Ketinggian

Pada posisi tertentu, tubuh manusia akan merasa sistem keseimbangannya terganggu. Seperti misalnya saat berada di ketinggian. Hal ini dikarenakan daerah yang tinggi memiliki kadar oksigen yang rendah, sehingga pasokan oksigen ke otak pun akan berkurang dan berimbas pada keseimbangan tubuh. Itulah mengapa, mereka yang berada di tempat tinggi kadang merasa kepalanya berputar-putar, seperti akan jatuh.

4. Langsung Bangkit saat Bangun Tidur

Meski terdengar sepele, kebiasaan langsung bangkit berdiri saat bangun tidur, sedikit banyak dapat menjadi pemicu terjadinya vertigo, lho. Hal ini dikarenakan posisi tidur merupakan posisi ketika seluruh tubuh terasa relaks. Jika kamu menggerakkannya secara mendadak atau tiba-tiba, akan terjadi kekakuan pada otot tangan dan kaki. Hal ini kemudian memengaruhi aliran darah menuju otak, sehingga kepala pun terasa pusing berputar-putar. Oleh karena itu, biasakan untuk melakukan sedikit peregangan tubuh ringan ketika bangun tidur, untuk melemaskan otot-otot.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara-cara penanganan sakit leher yang dapat dilakukan di rumah. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal kondisi ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: