4 Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi

ikan salmon, manfaat ikan salmon, nutrisi ikan salmon, ikan salmon untuk bayi
DIET & NUTRISI 14 September 2018

Halodoc, Jakarta – Ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi bayi. Selain rasanya yang memang nikmat, nyatanya ikan memiliki banyak sekali kandungan yang dibutuhkan oleh bayi untuk perkembangannya.

Ikan salmon sendiri memiliki kandungan protein yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Mineral dan vitamin yang terkandung dalam ikan salmon bisa dikatakan yang paling lengkap. Jadi, ikan salmon bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk bayi saat memasuki usia 6 bulan pada masa MPASI.

Banyak kandungan yang terdapat dalam ikan salmon, seperti kalium, selenium, dan vitamin B12. Tidak hanya itu saja, asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial alami lainnya yang terkandung dalam salmon nyatanya dapat membantu menjaga kesehatan bayi. Berikut adalah manfaat lain dari ikan salmon untuk bayi:

1. Mencegah Penyakit

Kandungan nutrisi yang ada pada ikan salmon nyatanya mampu membuat tubuh bayi lebih kuat melawan berbagai macam penyakit. Asam amino yang terkandung dalam ikan salmon nyatanya dapat menjaga kesehatan dari saluran pencernaan. Tidak hanya itu, memberikan ikan salmon kepada bayi nyatanya juga dapat menjaga kesehatan jantung bayi agar terhindar dari beberapa penyakit, seperti radang sendi, kardiovaskular, dan juga diabetes.

2. Meningkatkan Kecerdasan Otak Bayi

Tentu pada masa tumbuh kembang, bayi membutuhkan asupan makanan yang baik. Asupan makanan akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak, termasuk kesehatan otak anak. Ikan salmon adalah salah satu makanan yang bisa ibu jadikan sumber zat gizi yang baik bagi perkembangan otak anak. Kandungan omega-3, mineral, dan vitamin B yang cukup tinggi nyatanya sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Ikan salmon bisa menjadi pilihan MPASI bagi ibu karena pengolahannya yang terbilang mudah. Rasanya yang sudah gurih dan lezat juga akan menambah cita rasa dalam menu MPASI anak.

3. Mengoptimalkan Penglihatan Bayi

Tidak hanya baik untuk perkembangan otak bayi saja, nyatanya kandungan DHA dan AHA dalam ikan salmon juga memiliki manfaat untuk mengoptimalkan penglihatan dan saraf lainnya pada bayi. Berikan ikan salmon saat bayi memasuki usia MPASI. Perhatikan cara pembuatan ikan salmon agar manfaatnya tidak berkurang ketika dimasak. Cara yang terbaik adalah dengan mengukus daging ikan salmon. Kemudian, campurkan dengan menu MPASI yang lainnya. Ibu tidak perlu khawatir dengan pencernaan anak. Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang sangat aman dikonsumsi oleh bayi.

4. Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Memberikan bayi ikan salmon dalam menu MPASI nyatanya dapat membuat kesehatan kulit bayi terjaga. Bayi akan terhindar dari beberapa penyakit kulit. Kandungan asam lemak esensial yang ada dalam salmon dapat mendorong kulit untuk menahan air dan membuat kulit bayi menjadi halus dan lebih lembap.

Sebaiknya berikan makanan yang terbaik saat anak dalam masa tumbuh kembang. Mencari tahu makanan yang baik untuk anak bisa menjadi salah satu cara ibu untuk menjaga kesehatan anak. Namun, jika ibu memiliki keluhan terhadap kesehatan anak atau proses MPASI kepada anak, ibu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc lewat fitur Chat dan Voice/Video Call. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga:


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya