26 October 2018

4 Perawatan Wajah untuk Usir Flek Hitam

4 Perawatan Wajah untuk Usir Flek Hitam

Halodoc, Jakarta - Seiring dengan bertambahnya usia, tidak hanya kesehatan tubuh yang harus dijaga, kecantikan kulit juga harus mendapatkan perhatian. Saat memasuki usia-usia di atas 30 tahun, permasalahan kulit semakin banyak yang muncul, seperti misalnya keriput bahkan flek hitam.

Flek hitam pada kulit akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Munculnya kondisi ini sebetulnya tidak serta merta karena pertambahan usia. Beberapa hal yang disinyalir menyebabkan flek hitam dapat muncul yaitu paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, hormon yang tidak seimbang, kehamilan, kekurangan gizi tertentu, kurang tidur, dan stres.

Flek hitam tidak menimbulkan bahaya yang mengancam, hanya saja banyak wanita merasa kurang percaya diri dengan kondisi tersebut.

Berikut ini perawatan wajah yang ampuh untuk mengatasi flek hitam di wajah:

1. Peeling

Peeling adalah istilah perawatan kulit yang bertujuan mengangkat atau menghilangkan lapisan kulit mati sehingga akan diganti dengan lapisan kulit yang baru. Prosedur peeling dilakukan oleh dokter kulit di klinik kecantikan. Kulit wajah akan dioleskan larutan kimia yang biasanya disesuaikan dengan kondisi kulit. Setelah mengoleskan larutan ini maka lapisan kulit lama akan terkelupas dan flek hitam di wajah akan terangkat.

2. Laser

Laser adalah metode untuk mengatasi flek hitam yang membandel dan tidak bisa lagi diatasi dengan cara sederhana. Pengobatan ini terbilang mahal, tapi efeknya akan cepat terlihat pada wajah. Cahaya yang dipancarkan lewat laser cepat menemukan titik fokusnya pada permasalahan wajah. Mungkin awalnya terasa sedikit nyeri jika permasalahan wajah cukup parah, tapi penyembuhannya berlangsung cepat. Metode laser dikenal dapat menghilangkan hampir semua masalah pada wajah, seperti jerawat, komedo, pori-pori, flek hitam, dan bekas-bekasnya.

3. Jus Lemon

Jika kedua cara di atas terasa menguras kantong, kamu dapat menggunakan cara sederhana ini untuk mengatasi flek hitam. Meski membutuhkan waktu yang lama, namun kandungan vitamin C dalam jus lemon adalah bahan alami terbaik untuk mengusir flek hitam. Cukup gosokkan area yang bermasalah dengan kapas yang sudah dicelupkan jus lemon. Diamkan hingga mengering, dan segera cuci dengan air bersih. Lakukan hal ini selama dua pekan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Gel Lidah Buaya

Salah satu cara ampuh menghilangkan flek hitam adalah menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya mengandung polisakarida yang merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga flek hitam dan bekas luka dapat sembuh. Kamu perlu mengoleskannya dan membiarkannya selama 15 hingga 20 menit. Bersihkan wajah kamu setelahnya, cara ini dapat kamu lakukan dua kali seminggu untuk memaksimalkan efeknya.

Berbagai jenis perawatan kulit sebenarnya sama-sama punya bermanfaat untuk kulitmu. Terpenting adalah melakukannya dengan rutin dan menghindari hal-hal yang memicu flek hitam datang kembali. Jika ingin bertanya lebih lengkap mengenai perawatan wajah, kamu dapat menanyakannya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

 

Baca juga: