• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengidap Asam Urat? Lawan dengan 6 Makanan Ini

Mengidap Asam Urat? Lawan dengan 6 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Pengidap asam urat rasanya perlu berhati-hati dalam memilih makanan. Alasannya jelas, tedapat beberapa makanan yang justru membuat asam urat semakin menjadi-jadi. Sebut saja jeroan, daging merah, makanan laut, hingga makanan minuman manis.

Jangan murung dulu, masih banyak kok makanan lezat lainnya yang bisa dikonsumsi oleh pengidap asam urat. Bahkan, ada pula beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Penasaran? Berikut makanan untuk menurunkan asam urat.

Baca juga: Waspadai Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

  1. Teh Hijau

Teh hijau terbilang ampuh untuk menurunkan kadar asam urat. Mau bukti? Ada studi US National Library of Medicine - National Institutes of Health, mengenai khasiat teh hijau terhadap kadar asam urat tubuh.

Studi ini mengatakan teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin. Nah, senyawa inilah yang mampu memghambat produksi asam urat dalam tubuh. Di samping itu, teh hijau juga bisa mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu dalam ginjal.

  1. Berries dan Apel

Makanan untuk pengidap asam urat lainnya adalah berries dan apel. Janga lupa, asam urat bisa meyebabkan peradangan pada sendi hingga menimbulkan rasa nyeri. Nah, buah berries terutama stroberi dan blueberry memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi. Sifat antiinflamasi inilah yang bisa mengendalikan peradangan (inflamasi) pada sendi.

Bagaimana dengan apel? Buah yang satu ini kaya malid acid yang baik bagi pengidap asam urat. Bila dikonsumsi secara rutin, malid acid di dalam apel dapat membantu menetralisir asam urat. Menariknya lagi, apel juga bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan ketika asam urat kambuh.

3. Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Vitamin C bukan cuma menyoal sistem imun dan antioksidan saja. Ternyata vitamin C juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kok bisa?

Cara kerja vitamin C terhadap asam urat cukup simpel. Ketika vitamin C masuk ke dalam tubuh, secara alami vitamin C akan membantu proses pengeluaran asam urat berlebih lewat urine.

Baca juga: Perbedaan Rematik dan Asam Urat

Bingung memilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C? Banyak kok, mulai dari stroberi, jeruk, sirsak, jambu biji, kiwi, hingga nanas.

  1. Ikan Salmon

Selain dua makanan di atas, ikan salmon juga masuk ke dalam makanan yang bisa menurunkan asam urat. Ingat, ikat salmon bukan ikan lainnya. Sebab, beberapa ikan cenderung mengandung tinggi purin. Lain ceritanya dengan ikan salmon.

Menurut penelitian, omega-3 dalam salmon mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Menariknya lagi, jenis ikan rendah asam lemak jenuh, seperti salmon bisa menurunkan asam urat maupun kolesterol dalam tubuh.

5. Kacang Pinto dan Kuaci

Kacang-kacangan seperti pinto dan kuaci merupakan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan asam urat. Kacang pinto banyak mengandung asam folat yang dipercaya efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Sama halnya dengan kuaci atau biji bunga matahari, makanan ini juga kaya akan asam folat.

Hal yang perlu digarisbawahi, kacang-kacangan yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat hanya kacang pinto dan kuaci saja. Sebab, kacang-kacangan lainnya justru dapat memicu naiknya kadar asam urat.

Baca juga: Bikin Nyeri Sendi, Begini Tips Mengobati Asam Urat 

  1. Pilih yang Kaya Serat

Menu yang mengandung banyak serat merupakan makanan yang baik untuk pengidap asam urat. Sebab, makanan tinggi serat bisa membantu tubuh menyerap asam urat berlebih dalam aliran darah. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak serat, contohnya oatmeal, jamur, tomat, atau brokoli.

Mau tahu lebih jauh mengenai makanan yang baik untuk pengidap asam urat? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2020. Using Natural Remedies for Gout.
Healthline. Diakses pada 2020. Natural Home Remedies for Gout.
US National Library of Medicine - National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Effects of Green Tea Extract on Serum Uric Acid and Urate Clearance in Healthy Individuals.