02 March 2019

4 Tips Atasi Nyeri Saat Gigi Bungsu Tumbuh

4 tips atasi nyeri saat gigi bungsu tumbuh

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang pernah mengalami sakit gigi, pasti tahu betapa menyakitkan dan menyiksanya kondisi tersebut. Apalagi rasa nyeri yang ditimbulkan saat gigi bungsu tumbuh. Pertumbuhan gigi bungsu itu sendiri sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi, bila gigi bungsu yang mau tumbuh tidak mendapat ruang yang cukup dalam gusi, kondisi itulah yang menimbulkan rasa sakit.

Beberapa orang akan sulit mengunyah, merasa sangat ngilu, bahkan sampai demam. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa meredakan rasa nyeri yang timbul saat gigi bungsu tumbuh dengan mencoba melakukan tips-tips berikut.

Bukan hal yang aneh bila kamu masih mengalami pertumbuhan gigi di usia 20an. Nyatanya, manusia memiliki tiga gigi molar (geraham) di setiap rahang dan gigi geraham ketiga yang letaknya berada di ujung rahang lazimnya memang baru tumbuh di usia sekitar 18 tahunan. Itulah sebabnya gigi geraham yang muncul paling terakhir ini disebut juga dengan gigi bungsu.

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Inilah Fungsi Utama Gigi Bungsu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pertumbuhan gigi bungsu sebenarnya tidak akan menyebabkan masalah bila kamu memiliki cukup ruang dalam gusi. Tapi, kebanyakan orang memiliki rahang yang terlalu kecil untuk memuat 32 gigi di dalamnya. Bila rahang kamu terlalu kecil atau ada gigi lain yang menghalangi jalan keluarnya gigi bungsu, maka gigi ini bisa bertumbuh membelok, menyamping, atau tidak sejalur dengan garis gigi lainnya. Gigi bungsu yang tumbuh juga bisa mendorong gigi di depannya demi mendapat ruangan yang cukup untuk bertumbuh dengan komplit.

Ketika gigi bungsu bertabrakan dengan gigi di depannya, lapisan gusi yang terbuka di atasnya dapat terinfeksi oleh bakteri yang masuk ke dalamnya hingga akhirnya membengkak. Kondisi inilah yang terasa menyakitkan.

Kebanyakan dokter gigi akan menyarankan gigi bungsu yang menyebabkan sakit untuk dicabut sebelum keluhan bertambah parah. Nah, selagi menunggu jadwal cabut gigi, kamu bisa coba melakukan tips-tips berikut yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri gigi bungsu:

Baca juga: Haruskah Gigi Bungsu Dicabut?

1. Air Garam

Salah satu cara yang dikenal ampuh untuk mengobati sakit gigi bungsu adalah berkumur dengan air garam. Larutan ini bermanfaat untuk membersihkan daerah sekitar gigi dan menghilangkan cairan yang menjadi penyebab pembengkakan. Cara membuatnya pun juga sangat mudah, yaitu hanya tinggal larutkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Rasa nyeri dijamin akan mereda setelah kamu berkumur air garam selama beberapa menit. Berkumurlah selama beberapa kali sehari jika perlu.

2. Kompres Rahang yang Bengkak dengan Es

Sedangkan untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak, kamu bisa mengompres rahang tempat gigi bungsu tumbuh dengan es atau air dingin selama 15–20 menit. Ulangi beberapa kali bila diperlukan. Ingat, hindari mengompres dengan air hangat.

3. Obat Kumur

Berkumur dengan obat kumur juga bisa menjadi pilihan cara yang bisa kamu coba untuk meredakan nyeri akibat gigi bungsu tumbuh. Pilihlah obat kumur yang mengandung chlorhexidine yang efektif membantu mengurangi rasa sakit.

4. Obat Penghilang Nyeri

Tapi, bila rasa nyerinya tidak tertahankan, konsumsi lah obat pereda rasa nyeri yang diresepkan oleh dokter atau obat pereda nyeri lainnya yang dijual bebas di pasaran, seperti parasetamol atau ibuprofen. Dokter juga bisa memberikan antibiotik untuk membantu mempercepat penyembuhan infeksi. Nah, beli obatnya di Halodoc saja. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam.

Baca juga: Ketahui 5 Cara Alami Meredakan Sakit Gigi di Rumah

Nah, itulah 4 tips mengatasi nyeri saat gigi bungsu tumbuh. Jangan lupa, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.