21 September 2018

5 Cara Agar Menstruasi Lancar

menstruasi, menstruasi lancar

Halodoc, Jakarta - Menstruasi merupakan salah satu proses reproduksi alami yang dialami oleh setiap wanita. Secara teori siklus menstruasi wanita terjadi sekitar 28 hari. Namun, kenyataannya tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. Ada yang lancar, ada juga yang sering terlambat.

Tenang saja, selama tidak disertai gejala-gejala lainnya, menstruasi yang tidak lancar masih dapat dianggap wajar. Ketidaklancaran menstruasi yang dialami wanita pun dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari perubahan hormon hingga gaya hidup yang kurang sehat.

Bagi kamu yang menstruasinya kurang lancar, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu:

1. Tidur yang Cukup

Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan penyembuhan diri, regenerasi sel, dan produksi hormon. Kurang tidur dapat membuat kadar beberapa hormon dalam tubuh terganggu. Salah satunya adalah hormon estrogen dan progesteron yang sangat berperan dalam perubahan siklus menstruasi.

2. Kelola Stres

Tidak hanya hormon, stres juga dapat memengaruhi siklus menstruasi seseorang. Hal ini terjadi karena saat stres, hormon kortisol dalam tubuh menjadi tidak seimbang, dan akan memengaruhi hypothalamus, yaitu hormon yang mengatur periode menstruasi.

3. Jaga Pola Makan Sehat

You are what you eat. Apa yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh terhadap apa yang terjadi pada tubuh. Begitu pula dalam urusan siklus menstruasi. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan olahan, atau makanan yang mengandung bahan pemanis tambahan dan pengawet, dapat menjadi pemicu tidak lancarnya menstruasi seseorang.

Oleh karena itu, cobalah untuk mulai menjaga pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C sangat dianjurkan dan baik untuk memperlancar haid. Banyak mengonsumsi kacang-kacangan juga sangat dianjurkan, karena kacang mengandung banyak lemak baik dan asam lemak omega-3 yang juga dapat membantu melancarkan menstruasi.

4. Rutin Berolahraga

Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan yang dilakukan rutin setiap hari juga tak hanya akan membuat tubuh terasa lebih bugar, tapi juga dapat membuat menstruasi lebih lancar. Yoga merupakan jenis olahraga yang sangat dianjurkan, karena dapat membantu meredakan stres dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Beberapa gerakan yoga seperti standing pose triangle dan half-moon cukup baik dilakukan untuk merilekskan otot panggul.

5. Konsumsi Ramuan Alami Pelancar Haid

Jika sudah melakukan beberapa cara tadi tapi haid masih juga kurang lancar, kamu juga bisa mencoba beberapa ramuan alami berikut, yang telah dikenal mampu membantu melancarkan menstruasi.

  • Jamu kunyit. Kunyit telah lama dikenal memiliki khasiat sebagai antiseptik dan antioksidan alami, yang ampuh untuk melawan berbagai penyakit, termasuk untuk memperlancar menstruasi. Cara membuatnya adalah rebus 2 rimpang kunyit dengan setengah sendok teh ketumbar, biji pala, dan segenggam daun srigading, dalam kurang lebih 1 liter air. Saring dan minum satu kali sehari.
  • Air rebusan daun pepaya. Meski rasanya sangat pahit, daun pepaya memiliki segudang manfaat dan kaya akan vitamin, lho. Ada vitamin A, B, C, D, dan E yang terkandung di dalamnya. Untuk membantu melancarkan haid, kamu bisa mencoba meminum air rebusan daun pepaya, yang telah dicampur dengan asam jawa dan sedikit garam. Ramuan ini juga ampuh untuk mengurangi nyeri haid, lho.
  • Air jahe. Rempah yang juga berfungsi menghangatkan tubuh ini juga digadang mampu melancarkan menstruasi. Jahe mengandung vitamin A, B2, B12, C, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Rebus jahe, saring dan campurkan dengan dua sendok makan madu, lalu minum setiap hari.

Jika cara-cara tadi belum juga ampuh untuk membuat menstruasimu lancar, jangan ragu untuk diskusikan hal ini dengan dokter ya, untuk mendeteksi dini jika ada permasalahan kesehatan yang mungkin dialami. Tidak perlu repot, sekarang diskusi dengan dokter dapat dilakukan melalui aplikasi Halodoc lho, lewat Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Google Play Store.

 

Baca juga: