5 Cara agar Tetap Fit dan Sehat Saat Mudik

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Cara agar Tetap Fit dan Sehat Saat Mudik

Halodoc, Jakarta - Pulang kampung atau dikenal dengan sebutan mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idulfitri. Mulai dari satu pekan sebelum hari raya, penduduk dari kota-kota besar melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman mereka. Berbagai jenis moda transportasi pun bisa dipilih, mulai dari pesawat, kapal laut, kereta api atau kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Perjalanan yang ditempuh tidak sebentar sehingga penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat saat mudik.

Selain itu, saat mudik pun kita masih wajib menjalankan puasa. Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan supaya saat tiba pun kita tetap sehat supaya bisa bersilaturahmi dengan sanak saudara. Nah, supaya tubuh tetap fit dan sehat saat mudik meski terjebak macet atau perjalanan yang kurang menyenangkan, ini adalah tips yang bisa kamu ikuti:

Baca Juga: Silaturahmi Lancar, Ini 6 Cara Jaga Kesehatan Jelang Mudik

  • Konsumsi Makanan Sehat Sebelum Mudik

Sebelum mudik, pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang. Pasalnya, makanan sehat memberikan pengaruh yang baik bagi kondisi tubuh. Kondisi tubuh yang sehat membantumu tetap bugar dalam perjalanan mudik yang panjang. Beberapa jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi, misalnya salad buah atau sayur, hidangan kacang-kacangan, buah-buahan segar, camilan yang bernutrisi dan bergizi, dan yang terpenting banyak minum air putih.

  • Konsumsi Suplemen Kesehatan

Tidak hanya melalui makanan sehat, pemenuhan nutrisi bisa kamu dapatkan melalui suplemen kesehatan. Suplemen ini menyediakan nutrisi tambahan dan pelengkap agar tubuh tetap fit dan sehat saat mudik yang tentunya akan menyita banyak energi.  

  • Persiapkan Stamina dengan Istirahat Cukup dan Olahraga

Apapun pilihan moda transportasi yang hendak digunakan nantinya, penting untuk mempersiapkan staminamu satu hari sebelum keberangkatan dengan cara tidur yang cukup agar badan tidak tiba-tiba drop. Tidak hanya secara kuantitas saja, pastikan tidurmu juga berkualitas. Hindari begadang atau menyibukkan diri dengan mempersiapkan bawaan sehingga waktu tidurmu jadi berkurang.

Usahakan untuk mempersiapkan barang yang hendak kamu bawa beberapa hari sebelum keberangkatan. Tidak hanya itu, untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, kamu diwajibkan untuk berolahraga agar daya tahan tubuh menjadi lebih bagus. Rutin berolahraga sebelum mudik membantu tubuh menjadi lebih siap melakukan perjalanan jauh.

Baca Juga: 5 Hal yang Enggak Boleh Dilupakan saat Mudik

  • Bawa Obat-Obatan yang Diperlukan

Agar perjalananmu tetap aman, penting untuk membawa obat-obatan yang kamu butuhkan. Apalagi jika kamu mengidap penyakit tertentu, kamu wajib mengonsumsi obat seperti biasa meski sedang di tengah perjalanan. Sementara agar tubuh tetap fit dan sehat saat mudik, kamu wajib membawa beberapa jenis obat-obatan sederhana seperti obat sakit kepala, obat masuk angin, atau obat yang mencegah mabuk perjalanan. Penting juga untuk membawa obat sakit maag dan minyak aromaterapi.

  • Nikmati Perjalanan

Terkadang badan tidak fit datang dari pikiran saja. Kalau kamu berpikir positif, berusaha menikmati perjalanan, dan tidak mengeluh segala sesuatunya tidak akan menjadi masalah yang signifikan. Untuk melengkapimu menikmati perjalanan, sebaiknya kamu mengisi gadget dengan playlist pilihan atau buku bacaan. Selain itu, penuhi pikiran dengan kegembiraan karena kamu bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Baca Juga: Atasi Efek Buruk Duduk Lama Saat Mudik dengan 4 Makanan Ini

Jangan lupa untuk lengkapi mudik dengan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk bicara dengan dokter dan menyampaikan masalah kesehatan selama perjalanan mudik. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menjaga kesehatan selama mudik dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!