21 August 2018

5 Cara Mengatasi Batu Ginjal

batu ginjal, mengatasi batu ginjal

Halodoc, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kita pasti menginginkan tubuh kita senantiasa sehat dan organ tubuh kita tetap bekerja dengan baik. Untuk menjaga kesehatan tubuhmu, salah satu cara mudahnya adalah dengan rajin minum air putih minimal delapan gelas per hari. Sebab jika hal ini tidak dilakukan, salah satu penyakit yang akan mengancam adalah penyakit batu ginjal.

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah penyakit yang umumnya menyerang orang berusia 30 hingga 60 tahun. Kondisi ini menyebabkan munculnya material keras seperti batu di dalam ginjal. Material yang terbentuk ini pun sebetulnya merupakan zat-zat limbah dari dalam darah yang disaring oleh ginjal, kemudian mengendap dan membentuk kristal.

Apabila kristal-kristal yang terbentuk berukuran sangat kecil, biasanya ia akan dengan mudah keluar melalui saluran kencing. Namun saat ukuran kristal tersebut semakin besar, ini akan menjadi bahaya. Karena ukurannya yang besar tersebut, maka dinding ureter akan mengalami iritasi. Sehingga, saat pipis biasanya akan disertai darah dan rasa nyeri yang hebat pada bagian pinggang, perut bagian samping dan bawah, bahkan disertai rasa mual.

Gejala lain yang juga dapat pengidap rasakan adalah urine yang tampak keruh dan aroma yang tidak sedap, demam tinggi, badan lemas, dan menggigil. Jika sudah sampai gejala seperti ini, ada baiknya kamu untuk memeriksakannya ke dokter. Namun, jika gejalanya masih ringan, kamu dapat mengikuti beberapa cara mengatasi batu ginjal berikut:

  1. Minum Air

Minum air dalam jumlah yang banyak atau sesuai anjuran dokter akan mampu meluruhkan batu ginjal. Jumlah yang disarankan adalah 2,8 liter per hari. Untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh, kamu bisa memastikan bahwa urine yang kamu keluarkan berwarna jernih dan tidak kuning.

Baca juga: Serba Serbi Air Putih yang Belum Populer

  1. Konsumsi Makanan  Berserat

Serat makanan mengandung asam fitat yang mampu mengurangi kristalisasi garam kalsium, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal. Masukkan makanan berserat seperti jagung, apel, pepaya, dan beragam sayuran hijau lainnya dalam menu makananmu sehari-hari, maka batu ginjalmu akan berkurang.

  1. Mengurangi Asupan Garam dan Protein

Garam dan makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging akan meningkatkan kandungan kalsium dalam urine. Sementara itu, protein juga penyebab meningkatnya oksalat, kalsium, dan asam urat dalam urine.

  1. Jus Lemon

Tidak hanya kaya kandungan air, asam sitrat dalam jus lemon juga ampuh untuk memecah batu ginjal. Dengan terpecahnya batu ginjal ini, maka ia akan lebih mudah dikeluarkan melalui urine. Asupan jus lemon yang disarankan adalah 1/2 cangkir per hari.

  1. Cuka Apel

Tidak hanya berasal dari lemon, asam sitrat juga dapat kamu dapatkan melalui cuka apel. Cuka apel diyakini mampu meningkatkan asam pada lambung, sehingga mencegah pembentukan batu baru. Jumlah yang disarankan per hari pun harus dibatasi, yaitu dibawah 8 ons air seduhan cuka apel per hari.

Nah, tadi adalah jenis olahraga untuk pengidap sakit ginjal yang dapat dicoba. Namun, pastikan agar olahraga yang kamu lakukan tersebut tidak terlalu berat, karena dapat membuat penyakit ginjal yang kamu alami menjadi semakin parah.

Baca juga: 6 Jenis Olahraga untuk Pengidap Sakit Ginjal

Selain dengan yang sudah disebutkan tadi, kamu juga disarankan untuk tetap melakukan olahraga ringan agar batu ginjal dapat hancur. Nah, untuk informasi lain seputar batu ginjal, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!