04 September 2018

5 Cara Praktis Cegah Penyakit Jantung

penyakit jantung, cara praktis cegah penyakit jantung, manfaat gaya hidup sehat, penyakit kardiovaskuler

Halodoc, Jakarta – Menurut data dari WHO, penyakit kardiovaskuler merenggut 17,7 juta nyawa setiap tahunnya. Setengah dari angka kematian tersebut disebabkan oleh penyakit jantung dan stroke. Saat ini penyakit jantung memang masih menjadi salah satu penyakit yang cukup menakutkan bagi masyarakat. Penyakit jantung juga sering dikaitkan dengan masalah kematian mendadak.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Nyatanya, penyakit jantung dapat kamu cegah dan hindari. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Sebaiknya jangan menunda untuk melakukan gaya hidup sehat, agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga dan terhindar dari penyakit.

Kamu bisa lakukan beberapa cara praktis berikut agar kamu terhindar dari penyakit jantung.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Rajin mengonsumsi air putih nyatanya dapat membantu kamu terhindar dari masalah jantung. Semakin sedikit kamu mengonsumsi air putih, maka semakin sedikit cairan dalam tubuh yang dapat membantu kamu melarutkan garam pada darah.

Semakin tingginya kandungan garam dalam darah akan membuat darah kamu semakin kental dalam tubuh. Tentu hal ini akan membuat volume darah secara keseluruhan akan berkurang. Ketika volume darah menurun, maka jantung akan bekerja lebih keras.

Menurut penelitian dari Universitas Harvard darah kental akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Mulai sekarang jangan lupa untuk memenuhi asupan air putih sebanyak 2 liter per hari.

2. Konsumsi Sayur dan Buah

Mengonsumsi cukup sayuran dan buah sepertinya tidak kalah penting dengan memenuhi kebutuhan air putih kamu. Sayuran dan buah adalah makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi nyatanya dapat membantu kamu untuk menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Tidak hanya mencegah kamu dari penyakit jantung, banyak mengonsumsi buah dan sayur juga bisa membantu menjaga kestabilan berat badan kamu.

3. Hindari Kebiasaan Merokok

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menerapkan gaya hidup sehat adalah menghindari kebiasaan merokok. Aktivitas merokok adalah salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahan kimia dan zat-zat lain yang terkandung dalam rokok nyatanya dapat merusak jantung dan juga pembuluh darah kamu.

Karbonmonoksida yang dihasilkan rokok juga mampu menggantikan fungsi oksigen dalam darah. Hal ini akan meningkatkan tekanan darah dan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memasok oksigen pada tubuh.

4. Lakukan Olahraga Setiap Hari

Rutin berolahraga nyatanya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, rutin melakukan olahraga juga dapat menghindarkan kamu dari penyakit jantung. Dengan rutin melakukan olahraga, kamu juga bisa melatih jantung kamu dalam meningkatkan fungsi jantung untuk memompa darah yang akan membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Beberapa di antaranya adalah jalan santai, berenang, yoga, bersepeda, dan lari.

5. Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Tidak ada salahnya melakukan pencegahan penyakit pada tubuh kamu. Lakukan pemeriksaan rutin yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol, dan juga kadar diabetes dalam tubuh kamu. Semakin kamu mengenal tubuh kamu, maka kamu akan tahu apa yang seharusnya kamu lakukan untuk menjaga kesehatan.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat. Yuk, mulai sekarang lakukan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan. Jika kamu memiliki masalah mengenai kesehatan kamu, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: