01 August 2018

5 Dampak Sering Mencatok Rambut

dampak mencatok rambut, akibat sering mencatok rambut, tips merawat rambut sebelum dicatok

Halodoc, Jakarta – Beberapa wanita merasa tidak percaya diri saat tidak mencatok rambutnya ketika keluar rumah. Padahal, terlalu sering mencatok rambut bisa memberikan dampak yang kurang baik untuk rambut kamu.

Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah Ini

1. Rambut Menjadi Kering dan Kusam

Dampak buruk yang akan kamu rasakan saat kamu terlalu sering mencatok rambut adalah rambutmu menjadi sangat kering dan tidak berkilau. Alat catok yang mengeluarkan panas mengakibatkan lapisan rambut rusak. Terlalu sering mencatok rambut akan menghilangkan minyak alami pada rambut, sehingga kelembapan alami pada rambut pun akan menghilang.

2. Rambut Rontok

Terlalu sering mencatok rambut nyatanya dapat menyebabkan kerontokan pada rambut kamu. Parahnya, bisa menyebabkan kebotakan dini. Penggunaan panas dan bahan kimia lainnya yang digunakan untuk meluruskan rambut dapat memberikan dampak buruk dan merusak rambut hingga ke akar-akarnya. Tentu dalam jangka panjang, hal ini akan membuat kamu mengalami kebotakan dini. Jadi, sebaiknya hindari mencatok rambut setiap hari agar kesehatan rambut tetap terjaga.

3. Mengubah Tekstur Rambut

Menggunakan alat catok untuk meluruskan rambut dan membuat rambut mudah tertata ternyata bisa mengubah tekstur rambut kamu. Terlalu sering menggunakan catok rambut bisa membuat tekstur rambut kamu menjadi kasar dan sangat kering. Sebaiknya perhatikan penggunaan catok rambut agar kesehatan rambut tetap terjaga.

4. Alergi

Rambut yang rontok nyatanya merupakan dampak dari catok rambut yang bisa menyebabkan alergi pada kulit kepala. Tidak hanya rontok, jika alergi ini terus kamu biarkan, kulit kepala kamu akan terasa sangat gatal. Selain itu, alergi juga dapat menyebabkan penyakit lain pada kulit kepala kamu. Sebaiknya kurangi pemakaian catok rambut jika kamu sudah merasa gatal dan menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah.

5. Merusak Akar Rambut

Bagian yang paling sulit untuk mengembalikan kesehatan rambut adalah akar rambut yang rusak. Akar rambut sangat sulit untuk dipulihkan dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk kembali sehat.

Tips Mengurangi Kerusakan Akibat Penggunaan Catok Rambut

Untuk mengurangi kerusakan rambut yang disebabkan oleh penggunaan catok rambut setiap hari, lakukan tips berikut agar rambut kamu tetap terjaga kesehatannya.

1. Gunakan Kondisioner Sebelum Mencatok Rambut

Gunakan pelembap atau kondisioner rambut setelah keramas dan sebelum memulai mencatok rambut kamu. Selain rambut akan terjaga kesehatannya, tentu akan membuat rambut kamu terasa lebih lembut.

2. Gunakan Suhu Paling Rendah

Gunakan suhu yang paling rendah saat menggunakan catok rambut. Hal ini untuk menghindari kerusakan parah pada rambut kamu. Menggunakan panas yang terlalu tinggi hanya akan menyebabkan rambut semakin kering dan kusam.

3. Lakukan Perawatan Rambut

Tidak ada salahnya kamu rutin merawat rambut kamu dengan mengonsumsi vitamin rambut atau pemberian masker rambut. Perawatan tersebut akan menghindarkan rambut kamu dari kerusakan yang lebih parah. Jangan gunakan catokan untuk mengeringkan rambut setelah kamu melakukan perawatan. Biarkan rambut beristirahat dan mengembalikan kesehatannya seperti semula.

Baca juga: Kurang Vitamin Pengaruhi Kesehatan Rambut

Jika kamu punya keluhan terhadap kesehatan rambut, kamu bisa menanyakannya pada dokter yang ada di Halodoc. Download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Kamu juga bisa membeli vitamin rambut melalui Halodoc, lho! Pesanan kamu akan diantar langsung ke tempatmu dalam waktu satu jam.