• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Destinasi Wisata Sehat untuk Liburan Natal

5 Destinasi Wisata Sehat untuk Liburan Natal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menghabiskan libur Natal tentunya merupakan aktivitas menyenangkan, apalagi dilakukan bersama keluarga tercinta. Namun, jangan sampai liburan ini menempatkanmu pada risiko tidak sehat. Seperti makan berlebihan, makan tidak teratur, atau malah tidur telat.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, rata-rata kenaikan berat badan liburan sekitar 1–2 kilogram. Yuk, simak di sini destinasi wisata sehat untuk liburan Natal di bawah ini.

Biarkan Badan Terus Bergerak

Sebenarnya kunci supaya berat badan tetap stabil, meski sedang menikmati liburan adalah biarkan badan terus aktif dan jangan makan kebablasan. Menghindari makanan terlalu manis dan tidak makan saat tengah malam adalah kunci menjaga kestabilan berat badan. Yuk, simak di sini destinasi wisata sehat menghabiskan liburan Natal.

Baca juga: Liburan Natal, Ini Tips Mengatur Jam Tidur Si Kecil

  1. Menginap di Penginapan Berkonsep Sehat di Ubud

Ubud memang terkenal dengan holistic healing-nya. Walaupun Ubud juga dikenal dengan surga kuliner, tetapi konsep sehat yang dianut oleh beberapa hotel maupun penginapan sehat di sana bisa menjadi pilihan buat kamu.

Beberapa penginapan di Ubud memiliki paket sehat di mana tamu akan dikelola pola makan dan aktivitasnya. Jadi, alih-alih mengonsumsi makanan berlemak, kamu akan mendapatkan menu raw food serta latihan fisik, seperti yoga dan bersepeda. Menarik bukan?

  1. Hiking di Gunung Prau

Mari lewatkan liburan Natalmu dengan melakukan sesuatu yang berbeda kali ini. Terutama buat kamu yang tinggal di kota besar, kamu butuh detoks urban nih! Hiking di Gunung Prau bisa menjadi momen langka untuk kembali sehat dan memperkuat koneksi dengan alam.

Dengan ketinggian 2565 mdpl, kamu bisa membakar kalori dan menguatkan tulang dan massa otot. Cobalah untuk menginap 1–2 malam di puncaknya, ini bisa menjadi semacam terapi jiwa buatmu.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat naik gunung untuk kesehatan, tanyakan langsung saja di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

  1. Berenang di Goa India

Mau melakukan sesuatu yang sedikit berbeda dengan nuansa hippie dan spy ala-ala Jason Bourne, kamu bisa memilih Goa, India sebagai destinasi wisata sehat untuk liburan Natal. Tidak hanya berenang di pantainya, kamu juga bisa jogging seperti Jason Bourne di pinggir pantai.

Baca juga: Liburan Natal, Saatnya Pilih Camilan Sehat Ini

Jangan anggap sepele, jogging di pinggir pantai susah lho, soalnya ketika menginjakkan kaki di pasir, kedua kaki sedikit tertanam, sehingga butuh effort untuk mengangkatnya. Makanya, jogging di pantai bisa efektif membakar kalori lebih maksimal.

  1. Jalan Sehat di Singapura

Singapura dikenal dengan arsitekturnya yang indah dan jalanan yang ramah bagi turis, nah gimana kalau di momen natal kali ini kamu bertekad untuk meminimalisir penggunaan transportasi dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berjalan kaki?

Pastinya ini bakal jadi liburan yang berbeda, kalau sebelum-sebelumnya kamu shopping dan mencicipi pelbagai kuliner Tamil yang berlemak nan penuh kari, kali ini yuk mencoba liburan lebih sehat di Singapura!

  1. Mendaki Bukit dan Berenang di Labuan Bajo

Sebagai tempat dengan pemandangan eksotis, Labuan Bajo memang begitu indah untuk didatangi. Namun, di balik pemandangannya yang “mewah”, tersimpan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan sekaligus sehat. Hiking di Taman Komodo dan snorkeling di pulau-pulau eksotisnya bisa jadi pilihan sehat.

Referensi:

Health and Fitness Travel. Diakses pada 2019. Top 10 Healthy Christmas & New Year Holiday Destinations.