19 April 2018

5 Fungsi Lidah yang Perlu Diketahui

5 Fungsi Lidah yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Makanan yang kamu konsumsi setiap harinya memiliki beragam rasa, mulai dari gurih, asam, manis, asin, dan pedas. Berkat bantuan lidah, kamu bisa menikmati semua rasa tadi. Namun, ternyata lidah masih memiliki berbagai fungsi lainnya. Nah, sebelum kamu mengetahui fungsi lidah yang lain, kamu harus mengenal lebih dekat organ lidah itu sendiri.

Berkenalan dengan Lidah

Lidah sebenarnya adalah sekumpulan otot yang berada di dalam mulut dan ditutupi oleh selaput lendir. Permukaannya memiliki tonjolan-tonjolan kecil yang akan memunculkan rasa kasar saat kamu menyentuhnya. Tonjolan ini dinamakan papila, berperan sebagai ujung saraf pengecap yang terkoneksi ke otak, sehingga kamu bisa merasakan rasa manis, asin, pahit, dan asam pada makanan.

Faktanya, jumlah papila yang dimiliki setiap orang tidak sama, lo. Jika kamu bisa merasakan rasa suatu makanan dengan lebih detail, artinya papila yang ada pada permukaan lidahmu jumlahnya lebih banyak. Terkadang, kamu pun mendapati adanya warna putih pada permukaan lidahmu. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena warna putih tadi tidak berbahaya.

Baca juga: Cara Mencegah Sariawan yang Sering Kambuh

Bagian-Bagian Lidah, Apa Saja?

Ada tiga bagian inti dari organ lidah. Apa sajakah?

  • Dasar Lidah/Akar Lidah

Terletak pada lidah bagian bawah. Bagian ini memungkinkan adanya gerakan meskipun terbatas. Letaknya yang berada di bagian bawah membuat akar lidah tidak bisa dilihat dari luar mulut.

  • Pangkal Lidah

Terletak di dekat tenggorokan, tepatnya di lidah bagian belakang. Bagian ini memiliki sel yang mendukung lidah untuk bisa menyentuh dan merasakan sesuatu yang masuk ke mulut.

  • Tepi dan Ujung Lidah

Terakhir, adalah bagian tepi dan ujung lidah. Tepi lidah terletak di sisi kanan dan kiri lidah, sementara ujungnya berada di depan. Bagian ini bisa melakukan gerakan secara bebas ke seluruh rongga mulut.

Berbagai Macam Fungsi Lidah

Lantas, apa saja fungsi lidah selain merasakan berbagai rasa pada makanan?

Sebagai Alat Bantuk untuk Berkomunikasi

Ya, lidah, dengan bantuan gigi dan bibir, juga menjadi alat bantu untuk melancarkan bicara. Ketiganya akan memperjelas suara yang dibentuk oleh pita suara dan keluar melalui tenggorokan. Jika kamu cermati, ada beberapa huruf abjad yang pelafalannya harus menggunakan bantuan lidah, seperti D, J, L, N, R, T, dan Z. Tanpa adanya lidah, kamu akan kesulitan bicara.

Membantu Mengecap dan Menelan Makanan

Fungsi lidah selanjutnya adalah membantumu mengecap dan menelan makanan. Makanan yang masuk ke dalam mulutmu tentu perlu dilumatkan. Proses pelumatan makanan ini dilakukan oleh lidah dan gigi. Setelah lumat, lidah jugalah yang akan membawa makanan tersebut masuk ke tenggorokan menuju lambung.

Menjaga Mulut dari Bahaya Kuman

Kamu tahu lingual tonsils? Ini adalah sekumpulan sel yang berfungsi sebagai pelindung yang letaknya di bagian dasar lidah, dekat dengan amandel. Adanya tonsil ini akan membuat lidahmu aman dari bahaya infeksi kuman yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut.

Baca juga: Warna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan

Sebagai Alat Penyentuh

Laiknya tangan, lidah juga memiliki peran untuk menyentuh makanan. Bagian lidah yang berperan dalam melakukan tugas ini adalah ujung lidah. Selain menyentuh dan merasakan makanan, ujung lidah ini juga membantumu membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di sekitar mulut dan bibir.

Membantu Mengisap

Fungsi lidah satu ini sangat terasa saat kamu menyesap minuman menggunakan sedotan. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan bayi saat meminum ASI ibunya. Saat menyusu, lidah bayi memiliki peran yang sangat penting, terlebih saat giginya belum muncul.

 

Itu tadi informasi mengenai fungsi lidah selain untuk merasakan makanan yang perlu diketahui. Jika kamu memiliki masalah seputar lidah, jangan ragu untuk menanyakannya langsung pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Selain berdiskusi dengan dokter, kamu juga bisa membeli obat dan melakukan pengecekan lab cukup melalui ponsel. Aplikasi Halodoc bisa kamu download di App Store dan Google Play Store.