14 May 2018

5 Khasiat Kurma Tak Sekedar Manis

5 Khasiat Kurma Tak Sekedar Manis

Halodoc, Jakarta – Kurma adalah buah yang identik dengan bulan Ramadan. Selain rasanya yang manis, kurma juga kaya akan nutrisi seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, zat besi, vitamin, mineral, dan antioksidan. Sehingga, mengonsumsi kurma saat sahur atau berbuka puasa tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga: Menjelang Puasa, Ini 4 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui)

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Saat berpuasa, perut akan kosong selama beberapa jam. Metabolisme tubuh juga berjalan lebih lambat dari biasanya, sehingga perut membutuhkan waktu beradaptasi untuk menerima makanan kembali setelah berbuka. Oleh karena itu, perut membutuhkan makanan yang mudah dicerna dan bisa membantunya bersiap diri menerima makanan lain, salah satunya adalah kurma. Lantas, kenapa dianjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma? Apa saja manfaat kurma untuk kesehatan?

1. Detoksifikasi

Kurma juga bisa membantu proses detoksifikasi, yaitu mekanisme untuk membuang atau menetralkan racun di dalam tubuh. Ini karena kurma mengandung jenis gula yang sederhana, mudah diserap, mengandung elektrolit, dan mineral penting untuk tubuh. Sehingga, saat kamu berbuka puasa dengan kurma dan dilanjutkan dengan minum air putih, beban pencernaan akan berkurang dan memudahkan proses detoksifikasi di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Energi

Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Sebab, kandungan gula alami tersebut dapat memulihkan tubuh dan memberikan energi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, buka puasa dengan kurma adalah cara yang tepat untuk mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas dan berpuasa.

3. Memperbaiki Fungsi Otak

Mengonsumsi kurma dapat memperbaiki fungsi otak. Ini karena kurma dapat menurunkan peradangan dan mencegah penumpukan plak pada otak. Alhasil, mengonsumsi kurma dapat mencegah penyakit Alzheimer, yaitu kelainan otak yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, dan berbicara. Selain itu, sebuah studi melaporkan bahwa kurma dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk menurunkan jumlah hormon penyebab stres (hormon kortisol).

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Konsumsi kurma bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, termasuk mencegah terjadinya sembelit. Alasannya adalah :

  • Kurma mengandung serat yang bisa melancarkan dan membersihkan usus dari racun serta zat berbahaya lainnya. Selain itu, kurma juga bisa menstimulasi perkembangan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan organisme pengganggu di usus.
  • Kurma mengandung asam amino yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

4. Manfaat Kurma Lainnya

Selain empat manfaat yang telah disebutkan, kurma juga bermanfaat untuk :

  • Menjaga kekuatan tulang, karena kurma mengandung mineral yang baik untuk kesehatan tulang seperti selenium, mangan, magnesium, dan kalium.
  • Menjaga kesehatan jantung, karena kurma mengandung potasium yang bisa membantu regulasi jantung tetap lancar dan menjaga tekanan darah stabil.
  • Mencegah anemia, karena kurma mengandung zat besi yang bisa membantu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.

Jika kamu punya keluhan kesehatan saat berpuasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter terpercaya.