5 Layanan yang Termasuk dalam Home Care

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
layanan home care

Halodoc, Jakarta - Layanan jasa perawatan home care memang sudah banyak digunakan di negara-negara maju dan berkembang, seperti Indonesia. Pelayanan ini akan mengandalkan perawat yang siap menjalankan proses layanan di rumah bersama pengidap suatu penyakit tertentu, pengidap luka bakar atau luka berat, pengidap yang harus melakukan pemulihan pasca operasi yang dilakukan, ibu yang baru menjalani persalinan, atau bahkan bayi yang baru lahir. Pelayanan yang dilakukan akan tergantung pada kontrak dan perjanjian yang telah dibuat dari kedua belah pihak.

Baca juga: Begini Cara Perawatan Mandiri Penyakit Orchitis

Home Care, Pelayanan Kesehatan yang Seperti Apa?

Home care merupakan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pengidap suatu penyakit, baik individu maupun keluarga. Pelayanan ini dapat direncanakan, dikoordinasikan, dan disediakan oleh jasa pemberi pelayanan yang diorganisir. Tujuannya adalah untuk memberi pelayanan di rumah melalui staf atau pengaturan, berdasarkan perjanjian kerja atau kontrak yang telah disepakati bersama.

Beberapa Layanan yang Termasuk dalam Home Care

Ada banyak jenis pelayanan perawatan home care yang bisa digunakan, beberapa di antaranya yaitu:

  • Layanan Perawatan Pasca Operasi

Pelayanan ini bisa dilakukan oleh pengidap stroke pasca operasi. Pengidap stroke membutuhkan proses perawatan yang cukup lama dan membutuhkan perhatian khusus. Layanan home care pada pengidap stroke biasanya akan meliputi fisioterapi. Selain itu, pelayanan ini juga dapat digunakan oleh pengidap kanker, gangguan mental, infeksi paru, depresi, meningitis, atau pneumonia.

  • Layanan Perawatan Luka

Pelayanan ini dikhususkan bagi pengidap diabetes, karena luka pada penyakit ini membutuhkan perawatan dengan proses yang benar dan telaten. Selain pengidap diabetes, pengidap luka bakar juga disarankan untuk mengambil layanan ini, apalagi jika pengidap mengalami luka bakar serius.

Baca juga: Mengapa Penyakit Langka Sulit Didiagnosis?

  • Layanan Perawatan untuk Lansia

Pelayanan jenis ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sibuk dan tidak mempunyai waktu di rumah untuk merawat orangtua yang membutuhkan pelayanan. Dengan layanan ini, perawat akan standby menemani lansia di rumah. Perawat diharuskan untuk memiliki sifat yang penyabar tentunya.

  • Layanan Perawatan untuk Pendamping

Home care yang satu ini dikhususkan bagi orang yang memerlukan pendamping medis yang siap sedia, seperti pada acara travelling atau bakti sosial. Pada event tersebut akan dibutuhkan tenaga medis yang bisa membantu masalah gawat darurat medis yang membutuhkan perawatan yang cepat dan tepat.

  • Layanan Perawatan Baby Care

Pelayanan ini dikhususkan untuk merawat bayi dan ibu pasca melahirkan. Perawatan ini bermanfaat bagi ibu yang belum mengerti cara perawatan pada bayi yang baru lahir. Kebanyakan layanan jenis ini dilakukan oleh bidan, kemudian bidan akan melatih dengan mengarahkan ibu cara yang sesuai dalam merawat bayi yang baru lahir.

Baca juga: Perawatan dan Pengobatan yang Ampuh Mengatasi Divertikulitis

Dengan menggunakan jasa layanan home care, perawat dapat membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan yang diperlukan terkait dengan masalah kesehatan yang telah disepakati bersama. Nah, jika tertarik untuk menggunakan pelayanan ini, kamu bisa langsung membuat janji dengan layanan home care pilihan kamu di Halodoc. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!