16 November 2018

5 Makanan Alami yang Diyakini Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat

5 Makanan Alami yang Diyakini Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang mengira bahwa asam urat adalah penyakit. Hal ini tidak bisa disebut benar, tetapi tidak salah juga. Secara sederhana, asam urat sebenarnya merupakan senyawa alami yang dihasilkan oleh tubuh. Pada kadar yang normal, asam urat tidaklah akan menimbulkan gejala apapun. Namun, lain halnya jika kadar asam urat dalam tubuh melebihi batas normal. Kamu mungkin akan merasakan gejala berupa nyeri mengganggu pada area persendian.

Lebih lanjut, asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi dan dampak dari pemecahan sel dalam darah. Purin merupakan zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, ketika kita mengonsumsi makhluk hidup tersebut, zat purin yang terkandung di dalamnya akan ikut berpindah ke dalam tubuh kita. Normalnya, sisa metabolisme zat purin, yang selanjutnya akan disebut sebagai asam urat, ini akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui feses dan urine.

Namun, pada pengidap asam urat, ginjal tidak mampu mengeluarkan sisa zat tersebut, dan akhirnya membuat kadarnya meningkat dalam tubuh. Asam urat berlebih itu kemudian akan berkumpul di persendian, sehingga menyebabkan rasa nyeri dan bengkak. Meski banyak dialami oleh orang berusia lanjut, kondisi ini dapat juga terjadi pada mereka yang masih dalam usia produktif.

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh dapat dipicu oleh berbagai faktor. Seperti misalnya terlalu banyaknya asupan makanan yang berpotensi menghasilkan asam urat, sehingga membuat tubuh terlalu aktif menghasilkan asam urat melebihi batas normal. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya tubuh mencerna makanan yang mengandung banyak purin, semakin banyak pula asam urat diproduksi.

Makanan yang Dipercaya Dapat Menurunkan Kadar Asam Urat

Berdasarkan penjelasan tadi, dapat diketahui bahwa makanan yang kita konsumsi memegang peranan penting terhadap naik dan turunnya kadar asam urat dalam tubuh. Pengidap asam urat umumnya tidak dapat terbebas dari asam urat sepenuhnya. Hal yang harus dilakukan adalah menghindari makanan yang dapat memicu peningkatan asam urat, atau sebaliknya, mengonsumsi makanan yang mampu menurunkan kadar asam urat.

Berikut beberapa makanan alami yang dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh:

1. Buah-Buahan yang Tinggi Vitamin C

Selain baik untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Secara alami, vitamin C akan membantu proses pengeluaran asam urat berlebih melalui urine. Oleh karena itu, pengidap asam urat perlu mengonsumsi buah yang tinggi vitamin C seperti stroberi, jeruk, sirsak, dan buah-buahan lainnya.

2. Kacang Pinto dan Kuaci

Asam folat yang banyak terkandung dalam kacang pinto dipercaya sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Kacang yang berasal dari Amerika Latin ini dapat dikreasikan sebagai pelengkap sayur dan masakan lainnya.

Sementara itu, kuaci, yang berasal dari biji bunga matahari, juga memiliki manfaat serupa dengan kacang pinto. Namun, perlu diingat bahwa untuk menurunkan kadar asam urat, jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang boleh dikonsumsi hanyalah kacang pinto dan kuaci saja. Sebab, kacang-kacangan lainnya justru dapat memicu naiknya asam urat.

3. Apel

Apel memiliki kandungan asam malat yang cukup baik bagi para pengidap asam urat tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, asam malat dalam apel dapat membantu menetralkan asam urat, sekaligus mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan ketika asam urat kambuh.

4. Ceri

Buah ceri mengandung zat anti inflamasi yang bernama antosianin. Zat ini sangat berguna bagi pengidap asam urat, karena dapat menurunkan kadar asam urat, dan mencegah nyeri serta radang persendian.

5. Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat dapat membantu tubuh menyerap asam urat berlebih dalam aliran darah, sehingga secara otomatis dapat menjaga kadar asam urat tetap normal. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak serat adalah oatmeal, brokoli, mentimun, barley, dan masih banyak lagi.

Itulah sedikit penjelasan tentang asam urat, dan makanan pada saja yang dapat membantu menurunkan kadarnya. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal kondisi ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: