20 March 2019

5 Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Cegah Komedo

5 Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Cegah Komedo

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang mungkin pernah mengalami komedo di wajahnya. Disebutkan bahwa dengan mengonsumsi makanan tertentu dapat mencegah terjadinya komedo. Komedo terjadi ketika pori-pori kulit membesar lalu menghitam. Selain itu, komedo juga dapat disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi dari kelenjar minyak pada kulit yang berlebihan.

Terdapat beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk menghilangkan komedo yang terjadi. Umumnya, makanan ini ditemukan ketika seseorang melakukan diet yang seimbang. Buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak dapat meringankan dan membantu mencegah terjadinya jerawat. Dengan banyak mengonsumsi makanan ini, kamu dapat mencegah komedo yang timbul sehingga wajah menjadi lebih cerah.

Selain untuk memperbaiki kulit, makanan tersebut juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan kesehatan menjadi lebih baik secara keseluruhan. Walau begitu, hal tersebut tidak dapat langsung memberi dampak, tetapi semuanya harus berproses. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat berfungsi untuk mencegah munculnya komedo, adalah:

1. Alpukat

Salah satu makanan yang dapat mencegah komedo adalah alpukat. Makanan ini terbilang mudah untuk diolah dan sangat nikmat untuk dikonsumsi harian. Buah ini dipenuhi dengan vitamin E dan C yang berguna untuk mengurangi peradangan pada tubuh dan membantu mencegah terbentuknya komedo. Selain itu, manfaat lain dari alpukat adalah menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit terhindar dari komedo.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo

2. Kacang-Kacangan

Makanan untuk mencegah komedo lainnya adalah kacang-kacangan. Makanan ini cocok untuk dijadikan makanan ringan yang dikonsumsi di sela-sela waktu makan. Kacang-kacangan mengandung kalium, kalsium, vitamin E, selenium, magnesium, zat besi, dan tembaga. Zat-zat tersebut baik untuk mencegah terjadinya komedo, serta dapat melindungi kulit agar tetap sehat. Selain itu, dampak lainnya adalah meningkatkan kesehatan jantung.

3. Anggur Merah

Anggur merah juga dapat berguna untuk mencegah terbentuknya komedo. Makanan ini sangat baik untuk menjadi camilan ketika menonton tv atau melakukan hal lainnya. Anggur merah kaya akan antioksidan yang baik untuk mencegah terjadinya komedo di wajah. Selain itu, biji anggur juga mengandung bahan kimia alami yang dapat berdampak baik bagi kulit yang meradang.

Baca Juga: Ini Perbedaan Antara Komedo dan Jerawat

4. Air putih

Air putih juga sangat berguna bagi tubuh manusia dan salah satu dampak baiknya akan langsung terasa pada kulit. Air putih kaya akan nutrisi dan mineral yang dapat meningkatkan kelembapan kulit. Selain itu, hal tersebut dikarenakan kulit terdiri dari sel-sel yang terbentuk oleh air. Ketika tubuh dehidrasi, kulit akan menjadi kering dan kencang

Mengonsumsi air yang cukup setiap hari disebutkan dapat menghilangkan racun berbahaya di dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah kulit dan iritasi. Walau begitu, cara ini mungkin terbilang paling lambat untuk mencegah terjadinya komedo, karena mendahulukan organ-organ yang lebih penting dahulu dibandingkan kulit. Meski begitu, tubuh manusia sangat bergantung pada air putih.

5. Brokoli

Selain sayuran ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, tetapi sayuran ini juga mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dalam brokoli dapat membantu tubuh melawan kerusakan pada kulit yang parah dan dapat membuat kulit kamu semakin cerah. Selain itu, kandungan glukorafanin pada brokoli sangat ampuh untuk meregenerasi kulit yang rusak.

Baca Juga: 6 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui

Itulah beberapa makanan yang dapat mencegah kamu dari komedo. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan pada kulit, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!