5 Manfaat Alpukat untuk MPASI

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Manfaat Alpukat untuk MPASI

Halodoc, Jakarta – Memilih makanan pendamping ASI alias MPASI untuk bayi menjadi hal yang susah-susah gampang dilakukan. Setelah Si Kecil memasuki usia 6 bulan, asupan makanan selain ASI memang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi anak. Dalam menyiapkan makanan pendamping, ibu harus menyesuaikan bentuk makanan, variasi, hingga jenis nutrisi yang dibutuhkan anak. 

Pada awal pemberian MPASI, dianjurkan untuk menggunakan satu jenis makanan saja dalam bentuk lumatan atau makanan yang disaring. Selalu beri waktu, setidaknya tiga harus, sebelum mengganti jenis makanan untuk MPASI. Hal ini bertujuan untuk melihat adakah reaksi alergi anak terhadap makanan tertentu. Perlu diingat, sajian MPASI harus mengandung nasi atau karbohidrat, lauk hewani, lauk nabati, serta sayur dan buah, misalnya alpukat. 

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

Memilih Jenis Buah untuk MPASI Si Kecil 

Buah segar menjadi salah satu pilihan makan yang bisa dijadikan MPASI, salah satu yang terbaik adalah alpukat. Kandungan nutrisi di dalam buah ini disebut bisa memberi banyak manfaat sehat untuk pertumbuhan anak. Buah alpukat banyak mengandung vitamin, mineral, dan lemak sehat. Selain itu, buah alpukat memiliki tekstur lembut yang alami, sehingga cocok dijadikan bubur dan mudah dicerna. 

Bayi juga cenderung menyukai rasa buah alpukat yang ringan dan enak. Nyatanya, ada sejumlah manfaat sehat yang bisa didapat dengan memilih buah alpukat sebagai menu MPASI bayi, di antaranya: 

1. Sumber Protein 

Bayi membutuhkan banyak asupan nutrisi, terutama protein untuk membantu tumbuh kembang. Buah alpukat termasuk dalam jenis makanan sumber protein, sebab memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dibandingkan jenis buah lainnya. 

2. Menghindari Kelebihan Gula 

Alpukat memiliki rasa yang manis, sehingga lebih disukai oleh bayi. Namun jangan khawatir, buah yang satu ini ternyata hanya memiliki sedikit karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar gula. Dengan begitu, bayi akan terhindar dari risiko kelebihan konsumsi gula. 

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 12-18 Bulan

3. Mengurangi Risiko Peradangan 

Konsumsi buah alpukat ternyata bisa membantu mengurangi risiko peradangan pada bayi. Hal ini berkat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang ada pada buah alpukat. Tak hanya itu, alpukat juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak Si Kecil. 

4. Mengatur Tekanan Darah

Dalam masa perkembangan, sangat penting untuk selalu menjaga kondisi tubuh selalu stabil, termasuk tekanan darahnya. Buah alpukat memiliki kandungan folat dan kalium yang berperan dalam mengatur tekanan darah bayi agar tetap normal. Selain itu, buah alpukat juga memiliki kandungan mangan yang penting dalam perkembangan fungsi otak dan saraf. 

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Buah alpukat sebagai MPASI juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Buah berwarna hijau ini kaya akan kandungan serta makanan yang penting untuk kesehatan usus. 

Selain kaya akan nutrisi, buah alpukat disarankan untuk MPASI karena cenderung mudah disiapkan dan dicerna bayi. Agar mendapat manfaat sempurna, pastikan memilih alpukat yang segar tanpa bahan kimiawi. Pilihlah alpukat yang terasa lembut saat ditekan, tidak terlalu keras, atau terlalu lembek. 

Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

kalau ibu ragu, bisa coba bicarakan terlebih dahulu tips memilih buah MPASI pada ahlinya di aplikasi Halodoc. Hubungi ahli gizi atau dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Parents. Diakses pada 2019.  How to Make Avocado Puree for Babies.
Parents. Diakses pada 2019. Best Super Foods for Baby.
Web MD. Diakses pada 2019. All About Avocados.