5 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Manfaat asam folat

Halodoc, Jakarta - Manfaat asam folat yang dikenal selama ini hanyalah untuk ibu hamil. Padahal, asupan ini juga penting untuk dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai kalangan usia karena sangat bermanfaat bagi tubuh.

Asam folat adalah salah satu dari banyak bentuk vitamin B kompleks, tepatnya B9 yang dapat larut dalam air. Asam folat berfungsi sebagai zat pembangun tubuh mulai dari proses pembentukan sel darah merah hingga produksi DNA. Itulah kenapa zat ini sangat berkhasiat bagi ibu hamil. Bukan hanya untuk ibu hamil, asam folat juga menyimpan berbagai macam manfaat untuk orang dengan berbagai usia. Apa saja manfaat asam folat untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak lima di antaranya berikut ini:

1. Membentuk Sel-sel Tubuh

Manfaat pertama dari konsumsi asam folat yang cukup adalah membantu terbentuknya sel-sel tubuh agar dapat berjalan dengan baik. Zat ini akan bekerja sama dengan vitamin B12 dan vitamin C dalam membantu tubuh untuk memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru. Tidak hanya itu, asam folat juga akan membantu pembentukan sel darah merah serta produksi DNA yang bermanfaat dalam membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang.

2. Mencegah Kekurangan Darah (Anemia)

Anemia atau kurang darah adalah hal yang lazim terjadi. Penyebab anemia adalah kurangnya asupan asam folat untuk membentuk sel darah merah. Ketika senyawa ini tidak tercukupi, maka produksi sel darah merah pun akan berada di bawah normal. Hasilnya, seseorang akan lebih mudah mengalami anemia.

3. Mencegah Gangguan Jantung

Manfaat lain yang dari asam folat adalah mencegah gangguan jantung. Pasalnya, sama dengan fungsi pembentukan sel darah merah, asam folat juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh. Ketika darah menggumpal, maka aliran darah tidak akan berjalan dengan normal menuju jantung. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan risiko gangguan jantung, termasuk serangan ajntung dan stroke.

4. Mencegah Terjadinya Stroke

Stroke adalah keadaan di mana pasokan darah ke otak berkurang karena terjadinya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Penyebabnya adalah kurangnya senyawa asam folat dalam tubuh, sehingga menyebabkan gangguan di sistem saraf pusat.

5. Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Mengonsumsi asam folat sehari-hari dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Apabila seseorang mudah lupa, kondisi ini berarti aliran oksigen dan aliran sel darah merah ke otak terganggu. Situasi ini pun dapat diselesaikan dengan memenuhi kebutuhan asam folat.

Asam folat dapat dengan mudah ditemukan dalam makanan sehari-hari, seperti pada buah maupun sayuran. Beberapa contoh makanan yang mengandung asam folat antara lain hati ayam, daging unggas, serta hati sapi. Sementara buah dengan kandungan asam folat yang tinggi yaitu alpukat, jeruk nipis, jeruk bali, tomat, pisang, melon, dan masih banyak lagi. Adapun sayuran yang mengandung senyawa ini antara lain bayam, brokoli, buncis, wortel, kacang panjang, serta kacang-kacangan.

Jika tidak memiliki kesempatan untuk mengolah makanan tersebut, tidak ada salahnya untuk membeli vitamin atau suplemen dengan kandungan asam folat di Halodoc. Gunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan ke tempat tujuan dalam waktu tidak lebih dari satu jam. Segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: