14 October 2018

5 Manfaat Ceker Ayam Bagi Kesehatan

5 Manfaat Ceker Ayam Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Banyak orang menyukai hidangan yang terbuat dari ayam. Hampir semua bagian dari ayam bisa dikonsumsi, termasuk kaki ayam atau ceker ayam. Bagian yang satu ini biasanya diolah menjadi makanan seperti ayam kecap, sup, dibuat masakan pedas, dan berbagai hidangan lainnya.

Sebagian orang ada yang menyukai hidangan ceker ayam, tapi sebagian lagi ada yang tidak menyukainya karena dianggap menjijikkan. Mungkin kamu pernah mendengar mitos yang mengatakan bahwa ceker ayam baik dikonsumsi oleh anak kecil agar larinya kencang. Maka dari itu, jangan heran jika banyak orangtua yang memberi makan anaknya dengan ceker ayam. Kira-kira apa saja manfaat ceker ayam bagi kesehatan tubuh?

1. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Ceker ayam mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Mineral-mineral ini berperan penting dalam mendukung sirkulasi darah yang sehat, meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang, serta menjaga kesehatan saraf, jantung, dan pencernaan. Semua mineral tersebut dibutuhkan tubuh guna membangun kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

2. Mengandung Banyak Kolagen

Kolagen bisa didapat dengan mengonsumsi ceker ayam. Sebab, ceker ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Kadar kolagen alami yang ada pada ceker ayam sangat mirip dengan kolagen yang ada pada sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C. Kolagen merupakan salah satu bahan khusus yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitas kulit, fungsi tubuh, memperkuat struktur pembuluh darah, melindungi lapisan saluran cerna, dan memperkuat struktur tulang.

3. Mencegah Kerapuhan Tulang

Seseorang yang mulai menua, pastilah jumlah kalsium dalam tubuh mengalami penurunan dan sel menjadi lebih sulit beregenerasi. Nah, salah satu manfaat ceker ayam, yakni bisa mencegah kerapuhan tulang. Maka dari itu, konsumsilah ceker ayam secara teratur, untuk mendapatkan sejumlah nutrisi seperti kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen yang berguna membantu menguatkan sendi dan mencegah tulang rapuh saat tubuh mulai menua. Selain itu, di dalam ceker ayam juga ada Glukosamin, yang merupakan kandungan untuk mendukung kekuatan sendi, sehingga bisa membantu kamu terhindar dari penyakit radang sendi atau nyeri sendi.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi adalah jaringan kuat yang digunakan untuk menopang gigi. Beberapa masalah yang terjadi pada gusi disebabkan oleh masalah kesehatan gigi yang buruk. Namun, masalah pada gusi bisa ditimbulkan dari dalam tubuh, yakni bila tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi. Salah satu manfaat ceker ayam bisa menjaga kesehatan gusi karena di dalam ceker ayam mengandung nutrisi, seperti asam amino, kolagen, dan beberapa zat gelatin, di mana ketiga zat tersebut bisa meningkatkan kesehatan gusi.

5. Membantu Proses Penyembuhan

Manfaat ceker ayam selanjutnya adalah bisa membantu proses penyembuhan. Hal ini dikarenakan ceker mengandung protein dan kalsium, di mana kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu regenerasi otot, tulang, dan saraf. Potensi nutrisi ini bisa membantu menyembuhkan luka.

Bagi yang tidak terbiasa makan ceker ayam, kamu bisa mengolahnya menjadi kaldu. Cara tersebut bisa membuat kamu merasakan nutrisi dan manfaat ceker ayam untuk kesehatan tubuh. Yang perlu dipahami adalah, dalam mengolah ceker ayam, bersihkan dengan benar agar saat kamu menyantapnya, ceker ayam tersebut sudah benar-benar bersih.

Selain mengonsumsi ceker ayam, kamu juga perlu mengonsumsi berbagai vitamin untuk menjaga kesehatan. Kamu bisa membeli vitamin atau bahkan obat menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasi ini memiliki layanan Pharmacy Delivery yang membantu kamu untuk mendapatkan vitamin atau obat-obatan dan bisa diantar dalam waktu tidak lebih dari satu jam. Untuk menggunakan aplikasi Halodoc, kamu perlu download aplikasi Halodoc di App Store maupun, Google Play.

Baca juga: