5 Manfaat Keju untuk Rambut Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Manfaat Keju untuk Rambut Lebih Sehat

Halodoc, Jakarta - Keju, terlepas dari apa pun jenisnya menjadi makanan yang digandrungi. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga hingga ke seluruh penjuru dunia. Sayangnya, banyak yang masih beranggapan bahwa keju adalah produk makanan dengan kandungan lemak tinggi dan kurang diketahui manfaatnya untuk menunjang kesehatan tubuh. Padahal, ada banyak manfaat keju yang belum pernah kamu tahu. 

Keju mengandung sejumlah protein, vitamin A, riboflavin, kalsium, fosfor, seng, dan vitamin B12 yang baik. Manfaat keju tidak hanya dirasa tubuh, tetapi juga untuk kulit dan rambut. Apa saja manfaat keju untuk rambut? Berikut beberapa di antaranya:

  • Menunjang Rambut Lebih Sehat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut sehat, indah, dan berkilau setiap saat? Kamu mungkin perlu memikirkan untuk mengonsumsi keju rendah lemak. Keju rendah lemak kaya kandungan protein. Kombinasikan produk satu ini dengan campuran buah atau telur untuk menu sarapan dan makan siang kamu. Tidak hanya kaya protein, keju rendah lemak juga kaya kalsium yang berguna untuk menunjang kesehatan rambut dan menambah kilau rambut. 

Baca juga: Cara Nyemil Sehat, Perlu Tahu Sehat dengan Keju

  • Membuat Rambut Lebih Kuat

Jika kamu memiliki rambut tebal tetapi mudah rusak, mungkin tandanya kamu kurang asupan vitamin B. Mungkin, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi keju, terutama jenis yang lebih tajam seperti keju cheddar atau gouda memiliki kandungan kompleks yang membantu menguatkan kembali rambut kamu. Jika diperlukan, kamu bisa menambah asupannya dengan mengonsumsi suplemen vitamin B. Namun, tanyakan dahulu pada dokter tentang kebutuhannya, bisa melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc.

  • Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Memiliki rambut panjang dan terawat indah pasti menjadi impian semua wanita di dunia. Pertumbuhan rambut yang lambat bukan karena faktor keturunan atau genetik, melainkan mungkin ada nutrisi yang belum terpenuhi sehingga rambut seperti membutuhkan waktu lama untuk memanjang. 

Baca juga: Jangan Salah Mengolah Keju, Perlu Tahu Caranya

Kamu bisa memulai dengan diet tepat, termasuk menambahkan keju dalam menu makanan harian. Melalui produk satu ini, vitamin B tercukupi kebutuhannya untuk bisa merangsang folikel rambut. Tahukah kamu, kurangnya vitamin B ini menjadi masalah yang menyebabkan kasus kebotakan pada pria yang bukan merupakan genetik? Jadi, perhatikan selalu asupannya, ya!

  • Memperbaiki Tekstur Rambut

Manfaat keju untuk rambut masih seputar kandungan vitamin B yang dimilikinya. Sebenarnya, kandungan ini membantu memperbaiki tekstur rambut. Ketika kamu menggunakan bahan-bahan kimia atau peralatan penunjang kecantikan rambut, kamu tidak terlalu merusak teksturnya. 

  • Menguatkan Akar Rambut

Salah satu masalah rambut yang sering terjadi adalah kerontokan, baik pada pria maupun wanita. Penyebabnya bisa jadi karena akar rambut yang rapuh sehingga membuat rambut menjadi mudah patah dan rontok. Jika tidak segera diatasi, kamu bisa saja mengalami kebotakan. Pasti kamu tidak ingin itu terjadi, bukan? Coba deh, konsumsi keju, karena produk olahan susu ini membantu menguatkan akar rambut sehingga mencegah terjadinya kerontokan

Baca juga: Alasan Kenapa Keju Baik untuk yang Sedang Diet

Keju memang sangat kaya manfaat, terlebih untuk kulit, pertumbuhan dan kekuatan tulang hingga membuat kulit tubuh menjadi lebih bersinar dan halus. Jadi, jangan ragukan lagi manfaat dari keju yang bisa kamu dapatkan, ya!

Referensi:
Stylecraze. (Diakses pada 2019). 14 Benefits of Cheese for Skin, Hair, and Health.
Consumer Health Digest. (Diakses pada 2019). Top 10 Benefits of Cheese for Hair and Skin.
Plants Hospital. (Diakses pada 2019). Top 11 Health Benefits of Cheese - How Cheese is Good for Health?