• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Hebat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Ini Manfaat Hebat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya sekadar tren, lidah buaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Baylor College of Medicine mengatakan lidah buaya mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta anti-inflamasi yang membantu mengobati luka bakar, jerawat, dan melembapkan kulit kering.

Lebih lanjut penelitian yang sama menjelaskan kalau enzim di dalam lidah buaya membantu pengelupasan kulit secara alami, sehingga kulit tampak lebih halus. Manfaat lain dari lidah buaya untuk kulit wajah adalah mengatasi masalah garis dan kerutan. Informasi lebih detail mengenai manfaat lidah buaya untuk kulit wajah bisa kamu temukan di bawah ini!

Lidah Buaya yang Alami

Sebaik-baiknya sebuah produk, lebih disarankan untuk menggunakan lidah buaya yang alami. Caranya juga sederhana, cukup mengupas kulit lidah buaya dan mengambil dagingnya untuk dioleskan ke kulit wajah.

Buat kamu yang sering beraktivitas di luar rumah dan cukup intens terpapar sinar matahari, penggunaan lidah buaya dapat mendinginkan kulit, dan mencegahnya terbakar. Uraian jelas mengenai manfaat lidah buaya pada wajah terpapar dalam rangkuman berikut:

  1. Melembapkan Kulit Wajah

Rutin mengoleskan daging lidah buaya ternyata bisa membantu menjaga kulit wajah tetap lembap. Hal ini penting karena kulit wajah yang kering dapat memicu berbagai masalah. Mulai dari kulit terkelupas, kulit wajah bersisik, sampai dan tumbuhnya jerawat. Selain itu, mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Baca juga: Mengobati Sariawan dengan Lidah Buaya

  1. Mencerahkan Wajah

Kulit wajah cerah bisa kamu peroleh dengan cara menjadikan daging lidah buaya sebagai masker harian. Enzim yang terkandung pada lidah buaya dapat mencerahkan kulit, membuatnya tidak kusam, dan melembutkan kulit yang kasar.

  1. Mengurangi Peradangan Jerawat

Mengoleskan daging lidah buaya bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Kandungan zat antimikroba dan antibakteri yang terdapat dalam tumbuhan lidah buaya berperan dalam mencegah, bahkan mengobati jerawat pada wajah. Gel lidah buaya juga mengandung saponin dan astringent yang berfungsi sebagai antibakteri yang menyerap lemak berlebih di wajah.

  1. Menghilangkan Bintik Hitam pada Wajah

Mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan flek. Bagi sebagian orang, munculnya tanda ini mungkin akan sedikit mengganggu dan merusak penampilan. Namun, mengoleskan lidah buaya secara teratur ternyata bisa membantu mengurangi masalah ini.  Cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, setidaknya dua kali dalam satu hari. 

Baca juga: Ini Alasan Wajah Membengkak di Pagi Hari

  1. Anti Penuaan Dini

Usia tua tidak ada yang bisa menampik, tetapi penampilan bisa djaga dengan perawatan maksimal dan natural. Menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah juga dapat menunda penuaan yang datang sebelum waktunya.

Untuk menghindari hal ini terjadi, cobalah untuk rutin mengoleskan gel dari daging lidah buaya ke kulit wajah. Tentu saja, kamu tidak bisa hanya mengandalkan lidah buaya, perlu juga mengatur pola makan, dan hidup sehat supaya tercapailah keseimbangan.

Kalau kamu punya masalah kesehatan, tanyakan langsung saja di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Meskipun banyak penelitian mengungkapkan kalau lidah buaya memberikan manfaat untuk kesehatan kulit wajah, tetapi ada kalanya reaksi berbeda terjadi pada orang-orang dengan kondisi tertentu.

Jika kamu mengalami gatal-gatal atau ruam pada kulit setelah penggunaan lidah buaya, sebaiknya hentikan penggunaan. Jangan gunakan lidah buaya pada kulit yang terinfeksi. Dikhawatirkan, lidah buaya memiliki sifat mikroba, sehingga lapisan pelindungnya dapat mengganggu proses penyembuhan dan membuat infeksi menjadi lebih buruk.

Referensi:
Baylor College of Medicine. Diakses pada 2020. Using Aloe Vera has multiple benefits.
Healthline. Diakes pada 2020. 10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face.