05 April 2018

5 Manfaat Makan Ikan

5 Manfaat Makan Ikan

Halodoc, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pernah menyebutkan bahwa konsumsi ikan di Indonesia masih rendah, yaitu 32,24 kilogram per kapita per tahunnya. Itu mengapa  KKP mengajak masyarakat untuk perbanyak konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Melalui gerakan ini, KKP berharap dapat membantu meningkatkan taraf hidup nelayan, memperbaiki gizi masyarakat, dan meningkatkan kecerdasan generasi bangsa. Lantas, apa saja manfaat ikan untuk kesehatan? Cari tahu di sini, yuk! (Baca juga: Ini 4 Manfaat Ikan yang Didapat Jika Mengonsumsinya)

1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan otak. Selain membangun sel-sel otak, kandungan tersebut juga mendorong perkembangan otak agar berfungsi lebih optimal. Ini karena konsumsi ikan dapat meningkatkan kadar asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) yang dapat mengurangi stres, menurunkan risiko penurunan daya ingat, dan merangsang produksi hormon serotonin yang berperan untuk mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Studi lain juga menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi ikan setiap minggu memiliki lebih banyak substansi abu-abu di pusat otak yang berperan untuk mengatur emosi dan ingatan.      

2. Mencegah Penyakit

Konsumsi ikan secara rutin, setidaknya 2-3 kali per minggu bisa mencegah kamu dari risiko penyakit tertentu seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Ini disebutkan dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association. Studi tersebut melaporkan bahwa wanita yang tidak atau sedikit mengonsumsi ikan lebih berisiko untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi ikan setidaknya satu kali seminggu. Studi lainnya juga melaporkan bahwa konsumsi ikan secara rutin dapat menurunkan kadar lemak darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Rajin mengonsumsi ikan bisa menjaga kesehatan mata agar tetap optimal. Ini karena kandungan asam lemak omega-3 dan asam amino bisa mencegah penuaan pada mata, melindungi mata dari mata kering dan mata lelah, serta menurunkan risiko terjadinya katarak. (Baca juga: 5 Manfaat Salmon yang Bisa Diperoleh Bagi Kesehatan)

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan EPA pada ikan diyakini dapat memblokir enzim yang dapat merusak kolagen, sehingga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, memerangi keriput, dan memperbaiki kerusakan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Lipid Research tahun 2005.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology & Community Health menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi ikan berisiko lebih rendah untuk depresi dibandingkan yang tidak. Meskipun belum ada studi yang membuktikan kaitan antara konsumsi ikan dan depresi, tetapi beberapa studi menduga bahwa kandungan asam lemak omega 3 berperan penting dalam memperbaiki suasana hati. Omega 3 diduga dapat memengaruhi otak dengan cara memodifikasi kadar hormon dopamin dan serotonin. Hormon dopamin berperan untuk menciptakan suasana bahagia, sedangkan hormon serotonin berperan untuk mencegah depresi.  

Untuk mendapatkan manfaat ikan, kamu bisa mengonsumsi ikan yang kaya omega-3 seperti tuna, sarden, dan salmon. Namun, kalau kamu alergi dengan makanan laut, kamu bisa mengakalinya dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan. Kamu bisa membeli suplemen minyak ikan dengan memanfaatkan fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar di aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu memesan suplemen minyak ikan yang kamu inginkan, lalu tunggu maksimal 1 jam sampai pesanan kamu sampai. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: 6 Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan)