• Home
  • /
  • 5 Manfaat Merayakan Liburan Bersama Keluarga

5 Manfaat Merayakan Liburan Bersama Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Manfaat Merayakan Liburan Bersama Keluarga

Halodoc, Jakarta – Berlibur merupakan hal yang menyenangkan dan bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Selain bisa membuat bahagia, melakukan perjalanan liburan bersama keluarga nyatanya juga memiliki beragam manfaat yang sangat sayang jika dilewatkan. Perjalanan panjang yang ditempuh nyatanya bisa membangun kedekatan antara anggota keluarga. 

Bagi keluarga yang memiliki anak-anak atau bayi mungkin liburan terdengar sulit untuk dilakukan. Namun, jangan salah, liburan keluarga malah bisa memberi manfaat baik untuk perkembangan anak. Biar lebih aman dan menyenangkan, pastikan untuk mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin meliputi peralatan mandi, pakaian yang sesuai destinasi, hingga persediaan obat-obatan.

Baca juga:  Jangan Bawa Kerjaan Saat Liburan, Ini Penjelasannya

Relaksasi, Menurunkan Stres, hingga Mencegah Insomnia 

Liburan bersama keluarga tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Tidak perlu terlalu jauh, kamu dan keluarga bisa merasakan manfaat luar biasa hanya dengan melakukan perjalanan singkat tapi menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota, berenang di laut lepas, menjelajahi hutan buatan, hingga berwisata kuliner bisa menjadi pilihan liburan. 

Setidaknya, ada berbagai hal yang bisa kamu dapat dari melakukan liburan bersama keluarga, di antaranya: 

  • Relaksasi 

Liburan bersama keluarga bisa memberi efek relaksasi. Tidak hanya untuk tubuh, tetapi juga bermanfaat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Setelah menjalani aktivitas yang panjang, liburan bersama keluarga di akhir tahun adalah pilihan terbaik untuk dilakukan. Saat tubuh dan pikiran merasa tenang, kamu dan keluarga bisa mencoba hal baru bersama, hingga belajar memahami keluarga dalam cara yang mungkin berbeda. 

  • Anti Stres 

Liburan artinya terbebas dari rutinitas yang bisa membuat stres. Cobalah untuk mengunjungi destinasi favorit atau tempat baru. Jika tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa mengajak keluarga untuk mengunjungi kota yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Nyatanya, suasana baru yang dirasakan bisa membantu menghindari, bahkan menurunkan tingkat stres.

Baca juga:  4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan

  • Memperkuat Imun

Saat liburan, kamu dan keluarga bisa mencoba berbagai aktivitas yang menyenangkan. Pengalaman baru ini bisa membuat tubuh memproduksi “hormon bahagia” dan bisa memperkuat imunitas alias sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih terlindungi dan tidak mudah sakit. Hal ini juga baik untuk perkembangan anak. 

  • Mencegah Insomnia

Gangguan tidur di malam hari atau insomnia bisa menyerang siapa saja. Mulai dari tuntutan pekerjaan, rutinitas, sampai hal-hal kecil sekalipun bisa membuat seseorang mengalami gangguan tidur. Kalau sudah begitu, kualitas tidur bisa menurun dan pada akhirnya berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

  • Memperkuat Hubungan 

Menghabiskan waktu bersama keluarga bermanfaat untuk memperkuat hubungan dan membuat anggota keluarga bisa lebih mengenal. Bermain bersama keluarga selama liburan akan memberi memori yang menyenangkan dan berharga. Hal manis tersebut bisa menjadi kenangan dan membuat anak-anak tumbuh bersama rasa bahagia. 

Meski menyenangkan, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh keluarga. Hindari kurang tidur, makan berlebih, dan jangan memaksakan diri. Perbanyak juga minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh agar aktivitas bisa jalan terus. Jika liburan di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan pelembap dan pelindung agar kulit tidak rusak. 

Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan

Kalau sakit selama liburan, kamu bisa coba hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan yang dirasakan dan dapat rekomendasi terbaik dari dokter terpercaya. Hubungi ahlinya melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Neilson.co.uk. Diakses pada 2019). Why are family holidays so important?
Rigbysec. Diakses pada 2019. 5 Benefits of Bonding with Family this Holiday Season.