03 October 2018

5 Manfaat Olahraga Boxing Bagi Tubuh

5 manfaat olahraga boxing bagi tubuh

Halodoc, Jakarta - Bosan dengan nge-gym, lari, renang, atau olahraga yang itu-itu saja? Kamu bisa kok mencoba olahraga baru yang enggak kalau seru dan menyehatkan seperti boxing. Jangan salah lho, boxing menyimpan banyak keistimewaan bagi kesehatan fisik dan psikis. Nah, berikut manfaat boxing yang bisa kamu dapatkan.

1. Jantung Makin Prima

Untuk menjaga kesehatan jantung sebenarnya enggak hanya melalui olahraga kardiovaskular saja. Pukul-memukul atau tendang-menendang dalam gerakan boxing juga bisa membuat jantung makin fit. Ingat, untuk memastikan tubuhmu sehat, kamu memerlukan jantung yang kuat selama mungkin. Nah, menurut pelatih boxing asal Amerika Serikat, inilah manfaat utama yang diberikan oleh olahraga boxing.

Boxing bisa membuat dirimu bernapas secara berat dan meningkatkan detak jantung. Di saat itu, jantung akan memompa darah ke seluruh penjuru tubuh. Nah, detak jantung yang meningkat akan memperkuat otot-otot jantung dan menurunkan kemungkinan dirimu mengalami penyakit kardiovaskular sekaligus stroke.

2. Pelepas Stres

Manfaat boxing lainnya bisa melawan stres yang melanda dirimu. Jangan berpikir bahwa terus-menurus meninju samsak akan membuat dirimu lebih agresif. Sebenarnya, boxing bersifat terapetic alias menenangkan.

Menurut penelitian, boxing membantu melepaskan stres fisik dan mental dan tekanan di setiap pukulannya. Kata ahli, boxing bisa menurunkan hormon kortisol (hormon stres), sekaligus meningkatkan hormon endorfin (zat yang memicu rasa senang). Nah, hal inilah yang akhirnya dapat membunuh stres dalam dirimu.

3. Menurunkan Berat Badan

Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga boxing seperti thai boxing (muay thai) juga bisa menurunkan berat badan, lho. Muay thai yang merupakan olahraga gabungan dari teknik bela diri dan latihan otot ini, memang identik dengan unsur kekerasan. Namun, kamu bisa kok menjajal olahraga ini dengan aman.

Pasalnya, kini banyak pegiat muay thai yang menggunakan pengaman, seperti helm, sarung tinju, dan pelindung dada untuk meminimalkan risiko cedera.

Gerakan-gerakan muay thai melibatkan seluruh bagian tubuh untuk bergerak. Mulai dari kaki, tangan, lutut, hingga siku, sangat aktif ketika kamu melakukan latihan ini. Menurut ahli, variasi gerakan muay thai dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, sekaligus membentuk otot sehingga tubuh lebih ramping. Menariknya lagi, olahraga ini juga dinilai dapat membakar kalori lebih cepat.

Nah, bila kamu ingin menjajal olahraga ini, sebaiknya selalu di bawah pengawasan ahlinya. Sebab muay thai tergolong berat, menguras tenaga, dan harus dilakukan dengan hati-hati agar terhindar dari cedera. Kamu bisa kok berlatih muay thai di pusat-pusat kebugaran yang dilengkapi dengan instruktur muay thai yang sudah berpengalaman.

4. Menguatkan Otot Pundak dan Lengan

Untuk menyusutkan lemak di bagian pundak dan lengan bagi pengidap obesitas, bisa kok melalui cara ini. Kata ahli, varian gerakan memukul di boxing hingga gerakan bertahan, bisa menjadi cara untuk menyusutkan bagian lengan dan pundak.

Sebenarnya enggak hanya itu saja, boxing pada dasarnya juga merupakan latihan yang melibatkan seluruh tubuh. Kata ahli, satu sesi latihan boxing ini melibatkan setiap otot di tubuh, terutama perut dan bahu. Makanya, jangan heran bila bagian tersebut akan terasa kaku ketika kamu usai melakukan sesi pertama.

5. Menguatkan dan Menyehatkan Mental

Manfaat boxing ternyata enggak melulu menyoal fisik. Di lain sisi, olahraga bela diri seperti boxing juga memengaruhi mental seseorang. Pendek kata, olahraga bela diri bisa membuat seseorang jadi lebih percaya diri dan lebih berani. Selain itu, olahraga jenis ini juga bisa melatih kepekaan dan membangun kekuatan mental dalam diri seseorang.

Punya keluhan kesehatan, atau ingin bertanya ke dokter mengenai olahraga yang tepat bagi kondisi fisikmu? Gampang kok caranya, kamu bisa berdiskusi dengan dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: