19 October 2018

5 Manfaat Pijat Refleksi bagi Kesehatan

5 Manfaat Pijat Refleksi bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Pijat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan capek pada tubuh setelah lelah beraktivitas, menghilangkan nyeri dan cedera, hingga mendeteksi adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Aktivitas ini ada sejak ribuan tahun lalu dan memiliki jenis yang beragam, salah satunya adalah pijat refleksi.

Meski terlihat mudah, nyatanya tidak semua orang bisa melakukan pijat refleksi. Gerakan menekan, menggosok, atau mengurut jaringan dan otot dengan tangan ini memerlukan teknik dan keahlian khusus. Bukan tanpa alasan, salah gerakan bisa menimbulkan dampak yang cukup serius.

Ternyata, selain menghilangkan capek dan menyembuhkan cedera, ada banyak manfaat dari pijat refleksi untuk kesehatan. Apa saja?

  • Melancarkan Peredaran Darah

Pertama, membantu melancarkan peredaran darah. Gerakan dalam pijat refleksi mampu membuka simpul pada pembuluh darah, sehingga pembuluh darah nadi dan vena bisa bekerja lebih optimal dalam mengalirkan darah dan berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan karena peredaran darah yang tidak lancar dapat disembuhkan.

  • Membantu Mengurangi Gejala Penyakit Tertentu

Seorang refleksologi asal Inggris, Rosanna Bickerton menuturkan pijat refleksi mampu mengurangi gejala penyakit tertentu. Cara terapi yang ada sejak 4.000 tahun lalu di China ini merupakan sebuah pengobatan dan pencegahan yang paling kuat.

Terapi ini dapat membantu meringankan gejala beberapa penyakit ringan, seperti sakit kepala, nyeri punggung, atau masalah pada pencernaan. Khusus untuk gangguan kesehatan yang terbilang cukup berat, seperti misalnya multiple sklerosis dan Parkinson, terapi pijat dapat membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit, bukan menyembuhkannya.

  • Membantu Mengurangi Stres

Meski hanya berfokus pada bagian telapak kaki, ternyata pijat refleksi terbukti ampuh untuk mengurangi stres. Kaki menjadi tempat terbaik untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Awalnya, memang terasa sakit dan tidak nyaman. Namun, rutin melakukannya membuat rasa tidak nyaman dan sakit jadi berkurang. Pijatan dan tekanan lembut pada kaki akan membuat kamu menjadi lebih relaks.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan dan Meningkatkan Energi

Pijat refleksi membantu meningkatkan sirkulasi dan memberikan stimulasi pada bagian sistem pencernaan. Terapi ini baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi minuman beralkohol sekiranya 24 jam sebelum melakukan pijat, karena dampak negatif dari alkohol akan menjadi berlipat apabila kamu tidak melakukannya. Selain itu, pijat ini juga membantu meningkatkan energi pada tubuh.

  • Membantu Meredakan dan Mengurangi Nyeri

Setidaknya, tubuh memiliki lebih dari 7.000 saraf yang berada di bagian telapak kaki dan terhubung melalui sistem saraf pusat. Pijat refleksi melalui bagian ujung saraf atau telapak kaki mampu membuat tubuh melakukan penyembuhan sendiri.

Pakar refleksi lain menuturkan pijat refleksi ditujukan untuk memperbaiki keseimbangan dari fungsi dan sistem pada tubuh. Refleksi membantu tubuh menjadi lebih relaks, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul karena tekanan dan stres berlebihan.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu manfaat dari pijat refleksi. Meski begitu, tidak semua orang boleh melakukannya, sehingga sebaiknya kamu bertanya pada dokter terlebih dulu kategori yang termasuk tidak boleh melakukan pijat ini. Gunakan aplikasi Halodoc yang sudah bisa kamu download di App Store maupun Play Store untuk memudahkan kamu berbicara dengan dokter. Kamu bisa bertanya apa saja seputar kesehatan langsung pada ahlinya di Tanya Dokter. Yuk, pakai Halodoc!

 

Baca juga: