12 March 2018

5 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi Dengan Minyak Zaitun

5 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi Dengan Minyak Zaitun

Halodoc, Jakarta – Punya masalah kulit dan sulit mengatasinya? Jangan panik dan buru-buru menenggak pil atau menggunakan produk kecantikan. Kamu bisa lho, mengatasinya dengan cara yang lebih alami dan aman lewat minyak zaitun. Selain sebagai pengganti minyak goreng, ternyata manfaat minyak zaitun untuk kulit juga istimewa.

Menurut ahli kecantikan dari AS, kandungan emoliem dalam minyak zaitun bisa menjaga kondisi kulit yang  rusak seperti psoriasis dana eksim. Psoriasis sendiri merupakan kelaianan kulit kronis karena sel kulit berproduksi tercalu cepat. Imbasnya, akan menumpuk dan membentuk bercak keperakan pada permukaan kulit.

Minyak zaitun ini sebenarnya telah digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari obat-obatan, masakan, sabun, hingga kosmetik. Jenis minyak ini mengandung lemak, vitamin E, dan Vitamin K. Nah, penasaran seperti apa manfaat minyak zaitun untuk kulit? Yuk, simak penjelasannya:

  1.  Rusak karena Sinar UV

Minyak zaitun yang telah dimanfaatkan untuk bahan kecantikan sejak zaman Romawi Kuno ini, bisa melindungi kulit dari sinar UV. Caranya menggunakannya gampang, kok.  Campurkan minyak zaitun dengan air teh (teh yang sudah direbus dan disaring) dalam ukuran yang sama. Setelah itu, usapkan ke seluruh tubuh dan wajah dan diamkan selama satu jam. Agar manfaatnya masih terasa, bilaslah tubuh dan wajah tanpa menggunakan sabun. Selain melindungi kulit dari sinar UV, manfaat minyak zaitun untuk kulit bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas karena kaya akan atioksidan.

  1. Atasi Kulit Kering

Kulit kering jelas mengganggu karena mudah menimbulkan iritasi. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampurkan madu, dan cuka apel. Cara membuat “ramuannya” juga simpel.  Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan, dan oleskan secara merata ke seluruh kulit. Lalu, oleskanlah merata ke seluruh kulit wajah. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu selama 15 menit hingga masker meresap pada kulit wajah. Setelah itu barulah bilas dengan air hangat. Nah, agar hasilnya maksimal, lakukannya setiap dua minggu sekali.

  1. Meremajakan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit juga bisa kamu gunakan untuk scrubbing. Caranya campurkan satu sendok makan minyak zaitu dengan sendok teh gula pasir. Kemudian, oleskan pada wajah setelah membasahinya. Lalu, gosoklah dengan lembuh searah jarum jam dan bilas menggunakan air hangat. Kamu bisa melakukan perawatan ini secara teratur untuk mempertahankan keremajaan kulit kamu. Enggak hanya itu saja, cara ini juga bisa merangsang regenerasi sel-sel kulit, lho.

  1. Jauhi Kanker Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit enggak hanya sebatas kulit kering saja. Minyak ini mudah diserap kulit karena minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit. Meskipun biasanya enggak menyebabkan alergi, tapi penggunaan minyak ini tidak disarankan untuk dioleskan ke kulit yang berjerawat. Menariknya, menurut penelitian, minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuhmu dari serangan kanker kulit, lho.

  1.  Mengurangi Peradangan

Cara memanfaatkan minyak ini enggak hanya dioleskan saja, tapi juga bisa kamu konsumsi. Khasiatnya dapat memangkas radikal bebas dan mengurangi peradangan yang memengaruhi kerutan dan kekencangan kulit. Selain itu, zat antioksidan yang terkandung di dalamnya diduga bisa membuat kulit jadi halus dan lebih berseri.

Meskipun terbilang alami, tapi jika kamu menggunakan minyak ini dan timbul tanda-tanda alergi, segeralah hentikan pemakaiannya. Lalu, mintalah bantuan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah, sebelum menggunakan minyak zaitun sebagai pilihan perawatan kulit. Kamu bisa terlebih dahulu menanyakannya pada dokter kalau masih ragu soal manfaat minyak zaitun. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter secara langsung melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.