• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Punya Masalah Kulit? Atasi dengan Khasiat Minyak Zaitun

Punya Masalah Kulit? Atasi dengan Khasiat Minyak Zaitun

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sejak berabad-abad lamanya, minyak zaitun telah dimanfaatkan untuk mengatasi beragam keluhan kesehatan, termasuk masalah kulit. Contohnya, kandungan emoliem dalam minyak zaitun diduga bisa menjaga kondisi kulit yang rusak, seperti psoriasis dan eksim.

Dengan kata lain, minyak zaitun bukan cuma bisa dimanfaatkan sebagai keperluan masakan atau dapur saja. Minyak yang satu ini kaya vitamin yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit.

Pertanyaannya, apa saja sih manfaat minyak zaitun untuk kulit?

Baca juga: Wow, Ternyata Minum Minyak Zaitun Itu Menyehatkan!

  1. Mengendalikan Bakteri Kulit

Menurut studi dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, cuka dan ekstrak minyak zaitun murni menunjukkan adanya aktivitas antibakteri. Hal inilah yang bisa mengendalikan bakteri pada kulit. Ada satu studi kecil yang menilisik lebih dalam mengenai hal ini.

Bagaimana hasilnya? Ternyata, pengunaan minyak zaitun dan minyak kelapa bisa menghilangkan bakteri Staphylococcus aureus pada kulit. Bakteri ini sendiri bisa meningkatkan terjadinya infeksi pada kulit. Contohnya, bisul, impetigo, dan selulitis.

  1. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat minyak zaitun untuk kulit juga bisa membantu mengatasi kulit kering. Ingat, kulit kering dalam banyak kasus bisa menimbulkan iritasi. Nah, khasiat minyak zaitun bisa kok digunkan untuk mengatasi kondsi ini. Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya?

Mudah kok, campurkan minyak zaitun dengan madu dan cuka apel. Lalu, oleskan secara merata ke seluruh kulit (termasuk kulit wajah). Selanjutnya, tunggulah selama 15 menit hingga masker meresap pada kulit wajah. Setelah itu, barulah bilas dengan air hangat. Nah, agar hasilnya maksimal, lakukannya setiap dua minggu sekali.

  1. Mengatasi Kerusakan Akibat Sinar UV

Selain dua hal di atas, manfaat minyak zaitu bagi kulit juga bisa digunakan untuk mengatasi kerusakan karena sinar UV. Campurkan minyak zaitun dengan air teh (teh yang sudah direbus dan disaring) dalam ukuran yang sama. Setelah itu, usapkan ke seluruh tubuh dan wajah dan diamkan selama satu jam.

Agar manfaatnya masih terasa, bilaslah tubuh dan wajah tanpa menggunakan sabun. Selain melindungi kulit dari sinar UV, manfaat minyak zaitun untuk kulit bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas karena kaya akan atioksidan.

Menurut studi dalam Oxford University Press, minyak zaitun bisa membantu membantu mengatasi karsinogenesis kulit akibat sinar UVB. Namun, sayangnya studi ini belum dilakukan pada manusia, tetapi pada tikus percobaan di laboratorium.

Baca juga: Kenali Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

  1. Mengurangi Peradangan

Masalah peradangan kulit juga bisa diatasi lewat khasiat minyak zaitun. Minyak ini dapat memangkas radikal bebas dan mengurangi peradangan yang memengaruhi kerutan dan kekencangan kulit. Selain itu, zat antioksidan yang terkandung didalamnya diduga bisa membuat kulit jadi halus dan lebih berseri.

Meskipun terbilang alami, tetapi jika pengunaan minyak zaitun menimbulkan tanda-tanda alergi, segeralah hentikan pemakaiannya. Lalu, mintalah bantuan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

5. Meremajakan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit juga bisa kamu gunakan untuk scrubbing. Caranya campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan sendok teh gula pasir. Kemudian, oleskan pada wajah setelah membasahinya.

Lalu, gosoklah dengan lembuh searah jarum jam dan bilas menggunakan air hangat. Kamu bisa melakukan perawatan ini secara teratur untuk mempertahankan keremajaan kulit kamu. Enggak hanya itu saja, cara ini juga bisa merangsang regenerasi sel-sel kulit, lho.

Baca juga: 7 Cara Hilangkan Keriput Wajah

  1. Mencegah Kanker Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit enggak hanya sebatas lima hal di atas saja. Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Minyak ini diduga bisa mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.

Menarikya lagi, menurut penelitian, minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuhmu dari serangan kanker kulit. Namun, hal yang perlu digarsibawahi, masih membutuhkan banyak penelitan lainnya yang menguatkan klaim tersebut.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat minyak zaitun bagi kulit dan cara menggunakannya? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Is olive oil a good moisturizer for your face?
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Antimicrobial activity of olive oil, vinegar, and various beverages against foodborne pathogens.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Novel antibacterial and emollient effects of coconut and virgin olive oils in adult atopic dermatitis.
Oxford University Press. Diakses pada 2020. Protective effect of topically applied olive oil against photocarcinogenesis following UVB exposure of mice.