15 July 2018

5 Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Disepelekan

sakit pinggang belakang

Halodoc, Jakarta – Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, tak jarang seseorang mengalami gangguan kesehatan pada bagian pinggang. Salah satu yang paling sering terjadi adalah sakit pinggang belakang. Hal ini muncul setelah terlalu lama duduk, berdiri, hingga  mengangkat barang-barang berat. Tidak hanya itu, ada banyak aktivitas yang sering disepelekan namun dapat menyebabkan sakit pinggang belakang yang berkepanjangan. Apa saja?

1. Salah Posisi Tidur

Hal pertama yang sering menjadi penyebab dari munculnya gangguan di bagian pinggang ini adalah posisi tidur yang salah. Situasi ini dapat terjadi dan sering tidak disadari. Sebelum terjadi, ada baiknya untuk mengambil posisi tidur yang nyaman sebelum tidur. Sebab, tidur dengan posisi yang salah bisa memicu sakit pinggang hingga memperburuk kondisi pinggang yang sebelumnya telah sakit. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

  • Berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur. Agar lebih nyaman, kamu bisa meletakkan bantal tipis di bawah kepala dan di bawah lutut. Ini untuk mengurangi ketegangan pada leher dan punggung bawah.
  • Jika kesulitan untuk telentang, kamu bisa tidur telungkup dengan menempatkan bantal tipis di bawah pinggul untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang. Kamu juga bisa menerapkan cara ini dengan posisi tidur miring ke kiri atau ke kanan. Saat posisi tidur miring, jangan lupa untuk menempatkan bantal di antara lutut untuk memastikan bahwa satu sisi punggung tidak tertarik ke bawah.

2. Kasur Terlalu Keras

Tidak hanya posisi tidur, tempat tidur yang kurang nyaman (misalnya, kasur terlalu keras) juga bisa memicu sakit pinggang. Dampaknya akan dirasakan ketika bangun pagi. Itulah kenapa pemilihan kasur yang tepat dan nyaman menjadi penting dilakukan guna mencegah sakit pinggang belakang.

3. Salah Bantal

Bantal yang cocok untuk digunakan adalah yang mendukung pada bagian kurva tulang belakang hingga leher. Bila bantal yang digunakan saat ini membuat kamu kurang nyaman, ada baiknya untuk segera menggantinya dengan bahan yang terbuat dari viskoelastik atau bantal isi ulang air. Ketika sakit pinggang belakang terjadi, kemungkinan besar penyebabnya bukan hanya posisi tidur dan kasur keras, melainkan juga penggunaan bantal yang salah.

4. Kegemukan

Masalah berat badan berlebih (obesitas) ternyata dapat berdampak negatif, termasuk menyebabkan sakit pinggang. Alasannya karena berat badan berlebih atau kegemukan bisa memberikan tekanan yang lebih berat pada tubuh, sehingga memicu sakit pinggang.

5. Tegangnya Otot

Ketika tubuh melakukan gerakan yang tidak biasa dilakukan, ketegangan otot mungkin saja terjadi karena tertariknya otot ligamen. Dalam tingkat yang parah, ligamen dan otot bisa saja robek dan menyebabkan sakit pinggang belakang. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa kondisi, antara lain posisi duduk atau berdiri yang kurang tepat, tidak pemanasan sebelum olahraga, dan posisi yang salah (membungkuk) saat mengangkat benda berat. Sebab, posisi membungkuk justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang, sehingga memicu sakit pinggang.

Baca juga: Inilah Artinya Sakit Pinggang Belakang

Gejala sakit pinggang belakang bisa bermacam-macam. Mulai dari pegal-pegal hingga perasaan nyeri seperti ditusuk-tusuk. Apabila sakit pinggang ini telah berlangsung selama lebih dari 3 hari, segeralah berbicara pada dokter Halodoc agar mendapatkan rekomendasi saran tepercaya. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.