24 May 2018

5 Tanda Jantung Berdebar Ini Perlu Diwaspadai

5 Tanda Jantung Berdebar Ini Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Jantung adalah salah satu organ terpenting tubuh. Fungsinya antara lain untuk memompa darah, serta menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Nah, pernahkah kamu merasakan jantung berdebar lebih cepat dari biasanya? Jika iya, kondisi ini dinamakan palpitasi. Meskipun ini umum terjadi, kamu tetap harus berhati-hati, lho.

Pasalnya, jantung yang berdebar lebih cepat dari biasanya bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. Berikut adalah lima gangguan kesehatan terkait jantung berdebar yang perlu diwaspadai:

  1. Jantung Koroner

Jantung koroner adalah gangguan yang paling sering terjadi, bahkan termasuk salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Gangguan ini terjadi jika aliran darah ke jantung terhambat akibat adanya plak di bagian arteri koroner.

  1. Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan kondisi di mana jantung mengalami pelemahan, sehingga berdampak pada proses penyalurkan darah ke seluruh tubuh. Selain jantung berdebar, gejala lain dari gagal jantung adalah pusing, sering merasa lelah, dan sesak napas.

  1. Gangguan Irama Jantung

Terjadinya gangguan irama jantung yang disebabkan oleh jantung berdebar dikenal sebagai aritmia. Kondisi ini dipicu oleh tidak berfungsinya impuls elektrik yang berperan untuk mengatur detak jantung. Meskipun hal ini bisa terjadi tanpa gejala awal, kamu tetap harus waspada.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Salah satu gejala awal tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah jantung berdebar lebih cepat. Ketika tekanan darah meningkat, maka, kamu rentan mengalami sakit kepala, pusing, kelelahan, sulit bernapas, penglihatan yang buram, hingga mual dan muntah.

  1. Serangan Jantung

Serangan jantung (infark miokard) terjadi saat aliran darah ke jantung atau pada arteri koroner tersumbat, sehingga bisa menyebabkan kerusakan jaringan yang membahayakan nyawa. Gangguan ini dipicu oleh banyak faktor. Diantaranya adalah peningkatan tekanan darah dan kolesterol, kelebihan berat badan, dan penumpukan plak yang terdiri dari kolesterol, lemak, dan sisa metabolisme tubuh.

Itulah lima gangguan yang ditandai dengan jantung berdebar lebih cepat. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar gangguan pada jantung, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi ini, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: Tips Aman Berolahraga untuk Pengidap Penyakit Jantung