28 May 2018

5 Tips Untuk Tetap Bahagia Usai Perceraian

5 Tips Untuk Tetap Bahagia Usai Perceraian

Halodoc, Jakarta – Pasti tidak ada satu pun orang yang menginginkan perceraian terjadi. Tidak ada juga yang mampu menyangkal bahwa momen ini adalah momen yang paling menyedihkan. Meskipun merupakan momen yang paling dihindari dari suatu hubungan pernikahan, apabila perseteruan dalam rumah tangga tidak kunjung menemui titik damai, jalur perceraian pun apa boleh buat harus ditempuh. Meski kamu merasa sangat terpuruk akan hal ini, kamu harus tetap yakin bahwa ini adalah jalan terbaik dan kamu harus segera melanjutkan hidup.

Selain itu, berikut ini juga terdapat beberapa tips untuk tetap bahagia usai perceraian yang dapat kamu ikuti:

  1. Buat Rutinitas yang Solid

Apabila elemen rutinitasmu seperti pekerjaan, teman-teman, dan waktumu untuk diri sendiri membuat kamu merasa tidak kosong, ini adalah pertanda yang baik. Jika memungkinkan, rencanakanlah aktivitasmu jam demi jam, terutama saat kamu masih merasa kosong. Apabila ada suatu hal yang kamu harus urus, lakukan segera dan jangan menundanya.

Menghindari suatu hal tidak akan membantumu terbebas dari perasaan sedih. Selain itu, masa seperti ini adalah saat yang tepat untuk kamu mengandalkan teman-teman terdekatmu, karena memang inilah fungsi mereka. Jangan segera mengiyakan ajakan kencan, sebab biasanya kamu hanya melakukannya sebagai pelampiasan. Kamu harus berpikir lebih esktra dalam memilih pasangan.

  1. Merawat Diri Ialah Hal yang Esensial

Menghargai dan memprioritaskan diri sendiri adalah salah satu cara agar hidup dapat berjalan seperti biasa. Maksudnya adalah meski terasa berat, tetapi kamu harus menyadari bahwa hal semacam ini bukan hanya kamu yang merasakan.

Tetaplah beristirahat seperti biasa, jangan sampai gangguan tidur akibat terlalu banyak memikirkan sesuatu membuat aktivitasmu terganggu. Selain itu, hindari juga tidur berlebihan karena hal ini tidak baik untuk kesehatan dan proses pemulihan emosionalmu. Tetaplah menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup.

(Baca juga: 5 Makanan Sehat Anti Depresi)

  1. Pelajari Hal Baru

Pengalaman baru akan memberikan asupan dopamin pada tubuhmu. Meski sedikit, tetapi hal ini akan membuatmu merasa lebih baik. Mempelajari keterampilan, hobi, atau apa pun itu akan membuat pikiranmu sibuk, sehingga pikiran negatif akan terabaikan. Isilah waktumu dengan kegiatan yang membangun dan membatu kamu melanjutkan hidup, ketimbang memikirkan apa yang dulu pernah terjadi.

  1. Tentukan Batasan

Meskipun kamu diharuskan untuk melakukan yang terbaik bagi semua pihak, tetapi disarankan agar kamu tetap menjalani komunikasi dengan mantan pasangan kamu mengenai hal-hal penting saja. Bersamaan dengan bermulanya tahap baru dalam hidupmu ini, kamu harus segera mengetahui dan menentukan batasan-batasan yang jelas mengenai hal-hal yang bisa dan tidak bisa kamu lakukan dengannya lagi agar proses perpisahan dan melupakannya dapat berlalu dengan cepat. Perhatikan juga sosial media yang kamu gunakan, ada baiknya untuk berhenti mengikuti segala aktivitas mantan pasangan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

  1. Terus Bergerak

Teruslah bergerak secara fisik agar aspek emosionalmu juga ikut bergerak. Lakukan kegiatan olahraga karena olahraga akan memberikan efek yang menenangkan bagi tubuhmu. Olahraga yang disarankan adalah yoga. Gerakan-gerakan yoga yang bermanfaat untuk menghasilkan perasaan tenang akan mampu membuatmu melepas ego dalam diri kamu. Dengan begitu proses penyembuhan emosional kamu akan berlangsung lebih cepat.

(Baca juga: 5 Gerakan Yoga Tingkatkan Mood Seharian)

Jika perceraian adalah satu-satunya jalan, pastikan kamu tetap bahagia usai perceraian. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kesehatan tubuhmu. Perhatikan dan sampaikan masalah kesehatan kamu pada dokter di Halodoc. Kamu bisa berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang juga!