• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Buah yang Berkhasiat untuk Pengidap Penyakit Jantung

9 Buah yang Berkhasiat untuk Pengidap Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Mau tahu banyaknya pengidap jantung di Indonesia? Jangan kaget ya, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) setidaknya 2.784.064 orang di Indonesia mengidap penyakit jantung. Cukup banyak, bukan?

Berbicara penyakit jantung, tentunya membicarakan banyak faktor penyebabnya. Salah satunya adalah pola makan yang buruk, sehingga menimbulkan penyakit yang memicu penyakit jantung. Contohnya, tekanan darah tinggi, diabetes, hingga kolesterol tinggi.

Lantas, makanan apa sih yang baik untuk pengidap penyakit jantung? Ringkasnya, banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk jantung yang sehat. Nutrisi ini bisa diperoleh dari sayuran, lauk-pauk, hingga buah-buahan.

Nah, menyoal buah-buahan, buah seperti apa sih yang baik untuk jantung? Penasaran? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Kenali Kondisi Jantung dan Serangannya yang Perlu Diwaspadai

  1. Alpukat, Kaya Lemak Sehat

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik bisa dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung. Buah ini kaya lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung.  Lemak tak jenuh tunggal ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Awas, tingginya kadar LDL di dalam tubuh bisa memicu sederet masalah pada jantung.

Tak cuma itu aja, manfaat alpukat bagi pengidap penyakit jantung. Buah ini banyak mengandung kalium, nutrisi penting yang dibutuhkan jantung. Menurut beberapa penelitian, 4,7 gram kalium perhari bisa menurukan tekan darah dan meminimalkan risiko terserang stroke.

  1. Mengkudu, Turunkan Tekanan Darah

Buah yang satu ini diduga bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Makanya, mengkudu sering dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi. Ingat, pengidap penyakit jantung harus selalu menjaga tekanan darahnya. Tekanan darah yang stabil juga bisa meminimalkan penyakit jantung dan stroke.

Keisitmewaan mengkudu bukan itu saja. Buah ini mengandung xeronin, vitamin, dan mineral penting yang mampu memperbaiki fungsi tubuh. Menariknya lagi, mengkudu juga kaya antioksidan. Nah, antioksidan ini bisa membantu memperlebar saluran pembuluh darah yang menyempit. Dengan kata lain, jantung pun tak mesti bekerja ekstra untuk memompa darah.

  1. Aprikot, Mengandung Banyak Vitamin

Selain dua buah di atas, aprikot juga baik untuk pegidap penyakit jantung. Buah ini banyak mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta kaya kalium, serat, dan karotenoid. Singat kata, semua nutrisi tersebut berkontribusi meningkatkan fungsi jantung.

Ambil contoh vitamin C. Vitamin ini bisa melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan kalium, bisa menurunkan tekanan darah dengan “melemaskan” arteri dan pembuluh darah.

Baca juga: 8 Makanan Ini Sehatkan Jantung Kamu

4. Anggur, Kaya Antioksidan

Coba tebak, apa manfaat anggur bagi pengidap penyakit jantung? Buah ini mengandung antioksidan bernama polifenol dan resveratrol. Kedua bertindak sebagai antioksidan dan bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah.

  1. Tomat, Kaya Kalium

Tomat mengandung banyak kalium yang diduga dapat menjaga jantung agar tetap sehat. Di samping itu, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan bernama likopen. Nah, likopen ini bisa membantu tubuh untuk menghilangkan lemak jahat, mengurangi seranga njantung, dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

  1. Berries

Stroberi, blueberry, atau raspberry, memainkan peran sentral dalam kesehatan jantung. Buah berries kaya akan antioksdan bernama anthocyanin yang bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan. Hati-hati, kedua kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

7. Buah Manggis, Antioksidan Super

Menurut beberapa penelitian, kulit manggis (bukan dagingnya) memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Kulit manggis yang telah di ekstrak mengandung zat xanthones. Zat ini mengandung antioksidan super yang bisa membantu untuk mengobati penyakit jatung. Xanthones diduga mampu mengurangi penumpukan lemak dan melebarkan pembuluh darah.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ini Demi Jantung Sehat

8. Pisang, Hindari Hipertensi

Pisang merupakan buah lainnya yang baik untuk jantung. Buah ini banyak mengandung kalium yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Nah, hal inilah yang bisa menurunkan risiko hipertensi yang memicu penyakit jantung.

  1. Jeruk, Melon, dan Pepaya

Selain delapan buah di atas, buah-buahan seperti jeruk, melon, dan pepaya tak kalah baiknya. Ketiga buah ini banyak mengandung beta-karoten, kalium, magnesium, dan serat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung.

Nah, bagaimana tertarik mencoba buah-buahan di atas yang bisa meningkatkan kesehatan jantung?

Mau tahu lebih jauh mengenai makanan yang baik untuk pengidap jantung? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

 Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 12 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet.
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods.