21 June 2018

6 Cara Cepat Hilangkan Lelah Setelah Mudik

cara menghilangkan lelah setelah perjalanan jauh

Halodoc, Jakarta – Libur Lebaran sudah selesai. Ini saatnya bagi para pemudik untuk meninggalkan lagi kampung halamannya untuk kembali bekerja. Walaupun pikiran sudah segar setelah liburan, namun perjalanan jauh yang mesti kembali kamu tempuh setelah mudik bisa bikin badan jadi capek dan pegal-pegal. Nah, jangan sampai kamu jadi enggak semangat kerja gara-gara kecapekan ya. Berikut cara cepat hilangkan lelah setelah mudik.

Baca juga: Mulai Masuk Kerja Setelah Lebaran, Ini Cara Kembalikan Mood

1. Bikin Campuran Air Hangat, Madu dan Lemon

Biasanya banyak orang yang sering mengeluhkan kepala yang terasa pusing atau sekujur badan terasa capek setelah menempuh perjalanan jauh. Hal ini mungkin saja disebabkan karena selama perjalanan kamu, terkena angin dingin dari AC. Perubahan suhu dari AC ke udara terbuka atau terlalu lama terkena AC bisa bikin kepala kamu jadi pusing. Namun, ada cara mudah kok untuk mengatasinya, dan kamu hanya memerlukan bahan-bahan alami yang sederhana, yaitu air hangat, madu dan lemon.

Setelah sampai di rumah, siapkan 20 ml air hangat yang cenderung panas, lalu berikan tambahan madu dan lemon, kemudian minum selagi hangat. Selain air putih, kamu juga bisa membuat teh hangat yang ditambahkan madu. Minuman hangat ini terbukti cukup efektif untuk meredakan rasa pusing dan kelelahan sehabis menempuh perjalanan jauh.

Baca juga: Heboh Piala Dunia, Ini Alasan Orang Rusia Menggilai Madu

2. Konsumsi Makanan Hangat

Selain mengonsumsi minuman hangat, kamu juga disarankan untuk menyantap sesuatu yang berkuah dan hangat untuk menghilangkan rasa lelahmu. Semangkuk kecil sup ayam bening yang hangat merupakan pilihan makanan terbaik yang dapat mengembalikan energi yang terkuras selama di perjalanan.

3. Istirahat yang Cukup

Tidak ada cara lain yang lebih baik untuk menghilangkan rasa lelah selain dengan istirahat yang cukup. Kebanyakan orang biasanya sulit untuk tidur nyenyak di dalam kendaraan selama perjalanan. Bagaimanapun, tidur dengan posisi duduk pasti akan membuat beberapa bagian tubuh jadi terasa pegal. Jadi, setelah sampai di rumah, usahakan untuk istirahat yang cukup dengan tidur selama 6-8 jam di malam hari agar keesokan harinya, kamu bisa bangun dengan energi yang baru.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Kurang minum enggak hanya bisa bikin kamu dehidrasi, tapi juga membuat tubuh lemas dan lesu, karena air putih memengaruhi 2 persen fungsi mental. Jadi, minumlah air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Minum air dingin bisa menghidrasi tubuh lebih cepat.

5. Pijat Refleksi

Pijat refleksi merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan pegal-pegal di sekujur tubuhmu setelah mudik dengan cepat. Selain itu, pijat juga mempunyai banyak manfaat lainnya seperti mengurangi dan menghentikan rasa sakit dengan mempercepat proses pemulihan saraf yang cedera, mencegah gangguan pembuluh darah, serta menghilangkan stres. Tapi ingat, carilah tempat pijat terpercaya atau terapis profesional yang dapat memijat tubuhmu dengan teknik yang benar dan aman.

6. Rileks dengan Aromaterapi

Beristirahat sambil menghirup wangi-wangian aromaterapi juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan rasa lelah. Beberapa minyak aromaterapi seperti minyak peppermint dapat menyegarkan dan meningkatkan energimu kembali.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Essential Oil yang Perlu Diketahui

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen yang bisa menjagamu tubuhmu tetap sehat dan bugar. Belinya lewat aplikasi Halodoc saja. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.