6 Cara Mengatasi Kekurangan Hormon Testosteron pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Cara Mengatasi Kekurangan Hormon Testosteron pada Pria

Halodoc, Jakarta - Hormon testosteron merupakan hormon yang berperan besar bagi tubuh pria. Jika selama ini kamu mungkin menganggap hormon ini hanya sebagai hormon peningkat gairah seksual, anggapan tersebut tidak bisa dianggap salah, tetapi tidak sepenuhnya benar. Hormon testosteron juga memiliki banyak peranan lain bagi tubuh, seperti proses metabolisme, hingga pembentukan otot.

Baca Juga: Pria, Ini 7 Tanda Testosteron Rendah. Kamu Termasuk?

Mengingat peranannya yang begitu besar, kadar testosteron dalam tubuh perlu dijaga. Seiring bertambahnya usia, kadar hormon testosteron dalam tubuh dapat menurun. Nah, begini cara untuk mengatasi kekurangan hormon testosteron pada pria, yaitu:

1. Latihan Fisik secara Konsisten

Dilansir dalam laman Healthline, olahraga adalah cara efektif untuk meningkatkan testosteron. Aktivitas yang berfokus pada adrenalin memberikan tekanan di bagian otot tubuh dan membantu kinerja organ jantung, sehingga menstimulasi tubuh agar memproduksi hormon testosteron lebih banyak.

Faktanya, ada kaitan antara hormon adrenalin dengan testosteron dalam pembentukan sel otot tubuh. Kamu bisa memilih jenis latihan fisik yang bersifat high intensity interval training (HIIT), seperti angkat beban. Jenis olahraga ini dipercaya mampu meningkatkan kadar hormon testosteron.

2. Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Tidur

Studi dari Universitas Chicago yang diterbitkan dalam JAMA Network mengungkapkan, kadar testosteron bisa turun pada pria yang kurang tidur. Selain pembentukan otot, hormon testosteron berhubungan dengan sistem metabolisme tubuh. Itulah mengapa mereka yang memiliki waktu dan kualitas tidur yang kurang, biasanya mengalami gangguan pada fungsi metabolisme, dan kadar testosteron.

Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan istirahat, untuk menjaga sistem metabolisme tubuh tetap aktif, sehingga mampu menunjang kinerja hormon testosteron.

Baca Juga: Fungsi Hormon Testosteron Bagi Pria dan Wanita

Kalau kamu punya masalah kesulitan tidur, hindari mengonsumsi obat tidur untuk mengatasinya secara langsung. Tanyakan kepada dokter Halodoc terlebih dahulu terkait penanganan kesulitan tidur dan obat-obatan yang aman untuk digunakan. Lewat aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Praktis, bukan?

3. Vitamin dan suplemen

Studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D mampu memperbaiki kekurangan dan berkontribusi pada peningkatan kadar testosteron. Kamu bisa memeroleh vitamin ini hanya dengan terpapar sinar matahari setidaknya 15 menit sehari atau konsumsi makanan yang tinggi vitamin D, seperti salmon dan susu.

4. Kelola Stres

Stres yang dipicu oleh naiknya hormon kortisol, dapat menurunkan kualitas testosteron dalam tubuh. Oleh sebab itu, cobalah untuk mulai mengelola stres, dengan cara menyediakan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan yang membangkitkan suasana hati

5. Terapkan Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan yang sehat juga penting untuk menjaga kadar testosteron tetap normal dan kesehatan secara keseluruhan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang yang terdiri dari lemak, karbohidrat, dan protein.

6. Mencapai Berat Badan Ideal

Apa hubungannya mencapai berat badan ideal dengan meningkatnya hormon testosteron? Begini, studi dari jurnal Clinical Endocrinology mengungkapkan, pria yang memiliki berat badan berlebih memiliki testosteron 50 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang memiliki berat badan ideal. Jadi, pastikan kamu terhindar dari obesitas, ya.

Baca juga: 8 Makanan yang Dapat Meningkatkan Hormon Testosteron

Selain melaksanakan berbagai cara di atas, hindari juga penggunaan obat-obatan maupun alkohol. Alkohol dan obat-obatan tertentu dapat menurunkan kadar testosteron secara signifikan dengan memengaruhi kelenjar dan hormon yang terlibat dalam reproduksi pria.

Referensi :
Medical News Today. Diakses pada 2019. How do you boost testosterone naturally?.
JAMA Network. Diakses pada 2019. Effect of 1 Week of Sleep Restriction on Testosterone Levels in Young Healthy Men.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2019. Effect of vitamin D supplementation on testosterone levels in men.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2019. Diet-induced obesity and low testosterone increase neuroinflammation and impair neural function.