24 October 2018

6 Cara Mengatasi Nyeri Leher Bagian Belakang

6 Cara Mengatasi Nyeri Leher Bagian Belakang

Halodoc, Jakarta - Nyeri leher bagian belakang dapat membuat kamu merasa tidak nyaman. Kamu akan merasa pegal sepanjang waktu, menoleh ke kanan maupun kiri akan terasa nyeri. Tentu saja, ini mempengaruhi kenyamanan kamu karena kamu berusaha untuk menahan rasa nyeri pada leher bagian belakang. Aktivitas sehari-hari juga akan terganggu.

Sakit leher bisa terjadi karena banyak hal, seperti misalnya posisi tidur yang kurang tepat hingga membuat otot leher menjadi kaku, terlalu lama bekerja di depan komputer tanpa melakukan peregangan, cedera ketika berolahraga, atau postur tubuh yang kurang baik. Meski begitu, nyeri pada leher bukan menjadi pertanda penyakit serius. Biasanya, penanganan yang tepat akan membuat rasa sakit ini mereda dengan sendirinya.

Lalu, cara apa yang bisa kamu coba untuk mengurangi nyeri leher bagian belakang? Berikut beberapa cara yang bisa dicoba, di antaranya sebagai berikut:

Mengompres dengan Es Batu

Cara yang paling sering dilakukan pertama adalah mengompres bagian leher yang nyeri menggunakan es batu. Sensasi mati rasa yang kamu rasakan ketika es menempel pada leher membantu mengurangi rasa sakit pada leher. Lama-kelamaan, bagian leher yang kaku akan terasa lebih relaks.

Menggunakan Bantalan Pemanas

Meringankan rasa nyeri pada leher bagian belakang juga bisa menggunakan bantalan pemanas. Rasa panas dari bantalan ini membuat aliran darah pada bagian leher menjadi lebih lancar, sehingga kekakuan atau ketegangan otot menjadi berkurang. Cara ini terbilang sederhana dan bisa kamu lakukan kapan saja ketika leher bagian belakang mulai terasa nyeri.

Peregangan Otot

Biasanya, secara refleks kamu melakukan gerakan patah kepala ke kanan dan kiri setiap kali leher terasa nyeri atau pegal hingga menimbulkan bunyi “krek” yang terbilang melegakan. Cara ini sering dilakukan oleh orang-orang untuk mengurangi rasa sakit pada leher belakang. Selain itu, bisa dengan melakukan gerakan memutar kepala perlahan-lahan atau gerakan mendongak atau menunduk.

Memijat Leher

Memijat leher setiap kali terasa pegal atau kaku menjadi cara mengatasi nyeri leher yang paling mudah. Gerakan ini diperlukan agar otot-otot leher menjadi sedikit lebih relaks. Kamu bisa menggunakan minyak esensial untuk membuat kamu nyaman. Selain menyembuhkan, penggunaan minyak ketika memijat juga membantu pikiran kamu menjadi lebih relaks.

Mengoleskan Balsam

Beberapa orang menggunakan balsam dengan sensasi rasa hangat atau panas untuk mengurangi rasa nyeri atau pegal pada otot leher bagian belakang. Beberapa balsam memiliki kandungan yang bersifat analgesik atau menghilangkan rasa nyeri atau sakit dan beberapa lainnya memiliki kandungan yang mampu membantu melancarkan peredaran darah.

Hidroterapi

Apakah kamu pernah mencoba hidroterapi untuk mengatasi nyeri leher bagian belakang? Jika belum, coba saja dengan mengatur suhu air menjadi sedikit panas. Lalu, arahkan airnya tepat pada bagian belakang lehermu hingga 4 menit. Selanjutnya, atur kembali suhu air menjadi normal dan siram pada leher belakang selama 1 menit. Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit pada leher berkurang.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengatasi nyeri leher belakang yang bisa kamu coba. Jika sakit tidak mereda, kamu bisa bertanya pada dokter cara penanganan lainnya. Supaya lebih mudah, kamu bisa langsung bertanya menggunakan aplikasi Halodoc. Biasanya, dokter akan meresepkan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

 

Baca juga: