24 May 2018

6 Gejala Awal Sakit Ginjal yang Jangan Diabaikan

6 Gejala Awal Sakit Ginjal yang Jangan Diabaikan

Halodoc, Jakarta – Setiap bagian tubuh manusia memiliki fungsi masing-masing, termasuk ginjal. Ukuran organ ini sebesar kepalan tangan orang dewasa dan terletak di dekat bagian tengah punggung, tepat di bawah tulang rusuk. Ginjal terdiri dari satu pasang organ, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan.

Salah satu peran ginjal adalah menyaring semua cairan yang masuk ke dalam tubuh dan menyalurkannya ke kandung kemih. Hasil akhirnya adalah urine yang bisa membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Tanpa ginjal, tubuh akan mengalami penumpukan cairan, racun, dan kotoran yang bisa menyebabkan sakit. Berikut adalah beberapa ciri sakit ginjal yang tidak boleh disepelekan.

  1. Urin Berwarna Keruh

Gejala awal sakit ginjal yang paling umum adalah berubahnya warna urin menjadi keruh (merah kecokelatan). Ini terjadi akibat fungsi ginjal dalam menyaring urine tidak berfungsi optimal.

  1. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Tidak hanya berwarna keruh, frekuensi buang air kecil juga akan meningkat saat malam hari. Meski frekuensi meningkat, volume urine yang dikeluarkan cenderung sedikit. Selain karena gangguan ginjal, keadaan ini juga dicurigai sebagai gejala diabetes melitus.

  1. Kekurangan Darah

Salah satu fungsi ginjal adalah untuk membentuk eritrosit, yaitu sel darah merah yang berperan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika fungsi ini mengalami gangguan, maka, kamu rentan mengidap anemia (kekurangand arah).

  1. Nyeri Punggung

Ciri lain dari gangguan fungsi ginjal adalah munculnya rasa nyeri di punggung, tepatnya berada di bagian bawah punggung. Kedua sisi punggung pun akan terasa pegal selama beberapa hari.

  1. Perut Kembung

Gangguan ginja juga ditandai dengan perut kembung. Kondisi ini akan berlangsung lama dan disertai dengan sesak napas serta kedinginan meski berada di ruangan yang hangat.

  1. Berkurangnya Nafsu Makan

Perut kembung membuat perut tidak nyaman, sehingga bisa menurunkan nafsu makan. Kondisi ini juga dipicu oleh penumpukan cairan dalam tubuh.

Itulah enam ciri sakit ginjal yang tidak boleh disepelekan. Jika kamu mengalami beberapa tanda di atas, jangan ragu untuk berbicara pada dokter. Kamu bisa memanfaatkan layanan Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: 5 Jenis Asupan Makanan untuk Pengidap Anemia