18 October 2018

6 Macam Tanda Haid Sebentar Lagi Datang

6 macam tanda haid sebentar lagi datang

Halodoc, Jakarta – Menstruasi atau haid merupakan siklus alami yang akan dialami wanita setiap bulannya. Biasanya sebelum tamu bulanan tersebut datang, wanita akan mengalami sejumlah tanda-tanda tertentu. Bila kamu sudah mengalami tanda-tanda berupa perubahan, baik secara fisik maupun mental, itu berarti sebentar lagi kamu akan mengalami menstruasi. Penting bagi wanita untuk mengetahui tanda-tanda menstruasi akan datang agar dapat lebih siap dan waspada. Meskipun tanda-tanda ini bisa berbeda pada setiap wanita, tapi secara umum, berikut berbagai macam tanda haid sebentar lagi akan datang.

1. Mengalami Masalah Perut

Menjelang menstruasi, kamu mungkin saja akan mengalami masalah pada perut, seperti diare, sembelit, kram perut, dan juga mual. Selain masalah perut, beberapa wanita juga memiliki keinginan yang tinggi untuk mengonsumsi makanan-makanan tertentu mirip seperti ngidam. Perubahan nafsu makan yang meningkat juga menjadi tanda haid akan datang.

2. Perubahan Emosi yang Drastis

Bahkan, para pria saja sudah tahu bahwa kalau wanita tiba-tiba berubah menjadi lebih sensitif atau mudah marah dan juga menangis, maka itu tandanya sebentar lagi dia akan menstruasi. Nyatanya, perubahan suasana hati secara drastis memang menjadi tanda haid akan datang. Wanita bisa merasa sedih secara tiba-tiba tanpa alasan.

3. Perubahan Secara Fisik

Enggak hanya mengalami perubahan secara emosi saja, wanita juga akan mengalami perubahan secara fisik saat menjelang menstruasi. Salah satu perubahan fisik yang sering menjadi keluhan banyak wanita adalah wajah menjadi jerawatan. Hal ini disebabkan karena kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita yang naik dan turun selama siklus menstruasi. Selain jerawat, sebagian wanita juga akan mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti tangan, kaki, bahkan payudara dan ukuran puting akan menjadi lebih besar daripada biasanya. Perubahan juga akan terjadi pada rambut di area kewanitaan kamu yang menjadi kasar dan lebih tebal dari biasanya. Kadang-kadang, beberapa wanita juga mengalami pegal-pegal di daerah paha dan punggung menjelang menstruasi.

4. Keputihan

Keputihan adalah hal yang wajar terjadi menjelang menstruasi. Keputihan yang normal adalah cairan berlendir berwarna putih dan tidak menimbulkan bau. Pada awalnya berwarna putih, tapi setelah beberapa lama bisa menjadi kecokelatan saat bercampur dengan bercak darah. Jadi, kamu disarankan untuk memakai pantyliners.

5. Miss V Kering

Meskipun sebagian besar wanita akan mengalami keputihan menjelang haid, tapi ada juga beberapa wanita yang justru kondisi Miss V-nya menjadi kering sebelum haid. Enggak perlu khawatir, karena hal ini normal terjadi dan juga merupakan tanda haid akan datang.

6. Kelelahan

Banyak wanita juga mudah merasa lelah beberapa hari sebelum menstruasi. Itulah sebabnya rasa malas dan sering mengantuk juga merupakan tanda-tanda sebentar lagi kamu akan mengalami menstruasi.

Selain dengan memerhatikan tanda-tanda menjelang menstruasi, kamu juga bisa mengetahui siklus menstruasi bulan berikutnya dengan cara mencatat hari pertama dan terakhir menstruasi di kalender. Jumlah hari antara hari pertama periode dan hari pertama periode berikutnya adalah panjang siklus menstruasi kamu. Bagi kebanyakan wanita, siklus menstruasi adalah 28 hari. Dengan mengetahui siklus menstruasi, kamu bisa menghitung kapan menstruasi selanjutnya akan datang.

Kalau kamu mengalami masalah dengan siklus menstruasi, bicarakan saja kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: