04 May 2018

6 Makanan yang Mempercepat Metabolisme Tubuh

6 Makanan yang Mempercepat Metabolisme Tubuh

Halodoc, Jakarta – Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi saat tubuh mengubah makanan menjadi energi. Melambatnya metabolisme seseorang bisa dideteksi dengan bantuan medis atau melihat tanda-tanda yang terjadi pada tubuh kamu.

Jika misalnya kamu merasa cepat lelah, memiliki kulit dan rambut yang kering, kamu merasa kedinginan setiap waktu, memiliki mood yang sering berubah dan merasa mudah sekali untuk gemuk, kemungkinan kamu memiliki metabolisme tubuh yang lambat. Nah, untuk mempercepat metabolisme tubuh kamu, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan ini:

  1. Apel

Apel merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi apel, nyatanya membuat kamu bisa lebih mudah mendapatkan berat badan yang ideal. Saat mengonsumsi apel, jangan lupa untuk mencuci hingga bersih dan jangan mengupas kulitnya, karena kulit pada apel mengandung serat yang paling banyak dibandingkan bagian apel lainnya.

  1. Sayuran dan Teh Hijau

Sayuran hijau tidak hanya memiliki banyak serat yang baik untuk metabolisme tubuh, sayuran hijau ternyata juga memiliki kalsium yang cukup tinggi. Sedangkan teh hijau memiliki kandungan katekin, yaitu zat yang dipercaya bisa membakar lemak pada tubuh. Teh hijau juga merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein sehingga mampu membuat tubuh menaikkan detak jantung dan membuat sistem metabolisme pada tubuh bergerak lebih cepat. Selain itu teh hijau juga memiliki antioksidan dan anti-aging untuk kulit yang cukup tinggi.

  1. Cabai

Bagi para penggemar makanan pedas, sepertinya ini informasi yang baik untuk kamu. Cabai yang banyak digunakan untuk memberikan rasa pedas pada berbagai makanan ternyata memiliki kandungan capsaicin yang mampu untuk meningkatkan suhu tubuh. Dengan peningkatan suhu tubuh, tentu tubuh akan terdorong untuk membakar kalori ekstra dan memecah lemak pada tubuh. Jadi, semakin pedas makananmu, maka akan semakin besar efek yang dirasakan pada tubuh kamu, meskipun pada setiap orang suhu tubuhnya berbeda-beda.

  1. Ikan

Ikan memiliki asam lemak omega 3, selain itu, ikan juga mengandung yodium dan selenium yang baik untuk tubuh. Mineral yang terkandung pada ikan ternyata mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lebih cepat untuk berproses dan mengubah kalori mejnadi energi.

  1. Air Putih

Air adalah salah satu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jika kamu kekurangan air, tentu tubuh akan mengalami dehidrasi yang berdampak buruk bagi kesehatan. Dehidrasi ternyata bisa memperlambat metabolisme tubuh, lho. Jadi jika kamu minum air putih dengan jumlah yang cukup, tentu sistem metabolisme akan berjalan dengan baik. Begitu juga jika kamu mengonsumsi air putih dingin, hal ini akan membuat tubuh kamu untuk menggunakan lebih banyak kalori untuk menghangatkan kembali tubuh kamu.

(Baca juga: 6 Makanan Penyebab Maag yang Perlu Diketahui)

Nah, jika kamu memiliki masalah dengan metabolisme tubuh, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter bisa melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor, kamu bisa bertanya kepada dokter langsung melalui Voice/Video Call atau Chat. Yuk, langsung download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.