6 Pilihan Takjil Sehat untuk Menu Buka Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
takjil sehat

Halodoc, Jakarta - Selama 13 jam dalam sehari menjalani puasa, tubuh akan mengambil energi dari cadangan gula yang ada di dalam tubuh kamu. Sehingga, kadar gula darah tetap terjadi dan kamu dapat melakukan berbagai aktivitas. Setelah seharian beraktivitas, tentu cadangan energi (atau gula darah) kamu akan terus menurun, serta membuat kamu merasa lemas di sore hari.

Berbuka puasa dengan yang manis sebenarnya diperlukan untuk mengganti energi kamu yang hilang. Namun, kebanyakan menu takjil memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, sehingga hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah kamu dengan cepat. Ini mungkin berbahaya bagi kamu yang memiliki diabetes.

Untuk itu, sebaiknya pilihlah takjil yang tidak terlalu manis dan mengandung banyak nutrisi. Beberapa pilihan takjil yang sehat untuk kamu yaitu:

Baca juga: Hitung dan Penuhi Kebutuhan Kalori Serta Nutrisi Tubuh Saat Berpuasa

  1. Buah Kurma 3 Butir

Kurma mungkin menjadi pilihan baik karena buah ini mengandung banyak energi dan serat, yang dapat mencegah kamu dari makan berlebih. Namun, perlu kamu ingat, jangan terlalu banyak makan kurma saat berbuka puasa, karena kandungan gulanya juga cukup tinggi.

  1. Sop Buah atau Es Buah

Menu takjil yang mengandung buah-buahan juga baik untuk kamu konsumsi saat berbuka puasa. Buah mengandung cukup gula untuk mengganti energi kamu yang hilang seharian, dan juga mengandung serat yang baik untuk membuat kamu kenyang lebih lama. Namun, kamu juga perlu waspada dalam menambahkan gula atau susu kental manis dalam sajian buah kamu. Jangan terlalu berlebihan atau sebaiknya jangan ditambahkan gula dan susu kental manis.

  1. Kolak Pisang Tanpa Santan

Ganti santan dalam kolak pisang dengan susu rendah lemak. Kolak pisang ini dapat menjadi menu takjil yang lebih sehat untuk kamu. Selain itu, sebaiknya juga kurangi penambahan gula dalam sajian kolak kamu.

Baca juga: Puasa Saat Hamil Boleh atau Tidak?

  1. Puding Buah

Biasanya, orang lebih menyukai camilan gorengan saat berbuka. Namun, gorengan tidak baik dikonsumsi tubuh apalagi setiap hari, karena tinggi kalori dan lemak yang memicu munculnya penyakit serius seperti diabetes atau hipertensi. Mulai sekarang, coba kamu ganti asupan gorengan dengan puding buah. Namun, pastikan gula yang kamu pakai untuk membuat puding tidak terlalu banyak. Selain itu, supaya lebih sehat, buatlah saus puding dari susu rendah lemak.

  1. Bubur Kacang Hijau

Menu ini bisa dibilang sebagai menu yang sehat karena mengandung berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh, seperti folat, zinc, potasium, mangan, dan magnesium. Kacang hijau juga berperan dalam menghambat proses oksidasi kolesterol jahat pada tubuh. Bukan hanya itu, kacang hijau juga menjadi salah satu sumber protein yang juga berfungsi sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti-tumor, dan juga mampu mengakomodasi proses metabolisme lemak tubuh dengan baik.

  1. Chicken Salad

Semangkuk chicken salad dengan rasa gurih dan segar bisa kamu coba sebagai hidangan buka puasa. Cara menyiapkannya pun sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan pan-grill dada ayam dengan sedikit garam dan lada hitam, lalu potong-potong dan taruh di atas semangkuk sayuran. Kamu juga dapat menambahkan keju untuk memperkaya rasa. Serat dalam sayuran dan protein dalam makanan ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama, tetapi tidak membuatmu mengantuk. Sebab, kalorinya tidak setinggi makanan manis.

Baca juga: 9 Buah-Buahan yang Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Nah, itulah beberapa pilihan takjil sehat untuk berbuka puasa. Kamu bisa menggilirnya setiap hari supaya tidak bosan. Mengenai gizi dan nutrisi yang kamu dapatkan dari makanan-makanan yang muncul di bulan puasa, kamu juga bisa menanyakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.