05 February 2019

6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Mudah

6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Mudah

Halodoc, Jakarta - Selain flek hitam, komedo (jerawat whitehead) atau bintik kecil berwarna putih pada permukaan wajah sering menjadi momok yang bikin wanita risih. Pasalnya, masalah yang terbilang kecil ini bisa membuat mereka jadi enggak percaya diri. Komedo ini berasal dari kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak pada kulit yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit dan debu.

Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan komedo yang bikin penampilan jadi tak menarik?

1. Pengelupas dengan Lemon dan Tomat

Kedua buah ini bisa menjadi cara menghilangkan komedo. Caranya gampang kok, iris lemon dan gosokan pada area di mana komedo berada. Kamu juga bisa menambahkan gula agar kulit terkelupas dengan baik.

Bila lemon kurang berhasil, kamu bisa mencoba tomat ketimbang zat kimia. Tomat tak hanya membantu menghilangkan komedo, namun juga membersihkan kulit dari dalam. Pengelupasan kulit ini perlu dilakukan untuk menghapus komedo lebih cepat.

Baca juga: Mau Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya

2. Terapi Uap

Cara menghilangkan komedo juga bisa lewat terapi uap. Terapi ini bisa membantu untuk membuka pori-pori wajah. Dengan begitu, segala macam kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori bisa terlepas keluar. Kamu bisa kok mencoba cara ini dengan metode sederhana.

Misalnya, dengan merebus air dalam panci hingga mendidih. Lalu, setelah itu tuanglah air tersebut ke dalam baskom yang cukup lebar. Kemudian, tundukan kepala dan dekatkan setidaknya mencapai 5–10 sentimeter di atas permukaan baskom. Agar uap air tidak merembes keluar, tutupi kepalamu dengan handuk tipis. Untuk hasil yang efektif, lakukan terapi uap ini selama 5–10 menit dan ulangi selama beberapa kali dalam seminggu.

3. Gunakan Toner Non-Alkohol

Nah, setelah kulit mulai terkelupas, pori-pori wajah akan membesar secara alami, sehingga debu lebih mudah masuk ke dalamnya. Karena itu, gunakanlah toner non-alkohol untuk mengecilkan pori-pori agar risiko jerawat dan komedo muncul semakin berkurang.

Baca juga: 6 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui

4. Rutinlah Mencuci Wajah

Mencuci wajah idealnya dilakukan dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut dan non-detergent. Yang perlu diingat, hindarilah menggunakan scrub karena bisa membuat kulit jadi teriritasi. Ujung-ujungnya akan membuat komedo semakin parah.

5. Kompres dengan Air Hangat

Selain lewat terapi uap, cara menghilangkan komedo juga bisa dengan mengompres wajah pakai air hangat. Gampak kok, kamu bisa menggunakan handuk yang telah direndam dalam air hangat. Lalu, kompreslah pada daerah wajah yang berkomedo. Kamu bisa melakukannya sebanyak dua sampai tiga kali sehari, sehingga kelenjar sebaceous akan menghasilkan lebih sedikit minyak.

Baca juga: Mitos dan Fakta Jerawat yang Harus Diketahui

6. Jangan Memencet Jerawat

Banyak orang yang menggunakan peralatan khusus untuk membersihkan komedo. Sebenarnya sih cara ini sah-sah saja, namun tidak direkomendasikan oleh dokter. Sebab, bila tekniknya tidak steril bisa menimbulkan infeksi pada kulit. Selain itu, jangan pula memencet jerawat karena bisa menimbulkan luka jerawat yang makin parah.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara menangani komedo? Atau memiliki masalah kecantikan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!